Culinary

Ini Makanan yang Wajib Disajikan Saat Imlek

0
tahun kerbau logam
Menyambut Imlek (foto : Harian Jogja)

STARJOGJA.COM, Kuliner – Makanan yang wajib disajikan saat Imlek ternyata tidak hanya mengenyangkan perut tapi penuh filosofi. Berikut makanan yang wajib disajikan saat Imlek dikutip dari Antara.

Pertama adalah jeruk. Buah jeruk dalam bahasa Mandarin punya arti keberuntungan atau kebahagiaan. Sebab, jeruk buah yang bisa tumbuh subuh sepanjang tahun, diharapkan keberuntungan juga ada sepanjang waktu.

Sebagai tuan rumah yang kediamannya dikunjungi saat Imlek biasanya memberikan lebih dari satu buah, dengan harapan keberuntungan dan kebahagiaan akan berlipat ganda.

Baca Juga : Tumpengan Imlek 2019

Hidangan kedua, adalah ikan bandeng. Makan ikan bandeng butuh kesabaran tinggi karena hidangan tersebut memiliki banyak duri.

Orang yang memakan ikan bandeng dipercaya akan bisa melewati berbagai rintangan hidup selama setahun. Hidangan khas di kalangan Tionghoa di Indonesia ini juga jadi simbol keberuntungan.

Selanjutnya, umum ditemukan saat Imlek yaitu kue keranjang. Kue ini punya tekstur lengket serupa dengan dodol, dipercaya bisa membuat rezeki tetap lengket dan menempel sepanjang tahun.

Tekstur lengket ini juga diharapkan bisa mendekatkan hubungan antar manusia.

Makanan yang wajib disajikan saat Imlek lainnya adalah mi. Mi wajib disantap saat Imlek karena bentuknya yang panjang dianggap sebagai pembawa rezeki tak terputus. Mi adalah simbol panjang umur, kebahagiaan dan rezeki melimpah ruah.

Selain itu, Yee Shang, yakni sayuran warna-warni melambangkan keberuntungan. Salad khas Imlek ini dimakan beramai-ramai karena porsinya besar.

Orang-orang dalam satu meja biasanya mengambil dan mengaduk sayur-sayur itu secara berbarengan. Proses mengaduknya unik, tiap orang mengangkatnya tinggi-tinggi dengan sumpit sebelum akhirnya disantap. Dipercaya semakin tinggi diangkat, harapan yang bisa terkabul pun semakin tinggi.

Selanjutnya, ada kue mangkok. Kue yang bentuknya merekah ini jadi harapan agar rezeki sepanjang tahun juga terus mekar.

Selain kue mangkok, ada kue lapis, Sesuai namanya, kue ini terdiri dari bahan yang berlapis-lapis, menyimpan harapan agar berkah yang datang juga bakal berlapis-lapis.

Makanan yang wajib disajikan saat Imlek ternyata menarik juga untuk dicoba. Tidak ada salahnya mencoba dari sekarang.

Arif Mujiono

Penyakit Demam Berdarah Dengue di Gunung Kidul Meningkat

Previous article

Masih Percaya Aktivitas Terlarang Saat Imlek ?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary