Flash InfoHealth

Makanan Makin Enak Saat Tim Kesukaan Menang. Mitos atau Fakta?

0
Manchester United
(Goal.com)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Percayakah anda bahwa banyak hal akan terasa lebih menyenangkan karena tim olahraga kesukaan menang?

Bagi anda penyuka olahraga, kemenangan tim favorit bisa membawa efek mengejutkan, salah satunya adalah rasa.

Semakin besar rasa cinta, maka efek ini akan makin terasa.

Daniel Wann, Professor Psikologi Murray State University mengatakan kepada CNN, “Sebagian besar diri kita seakan-akan terikat pada tim kesukaan. Apakah tim kesayangan memberikan penampilan baik atau buruk, hal itu akan mempengaruhi perasaan pada hari itu.”

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menyatakan bahwa makanan akan terasa lebih enak saat tim jagoan menang.

Untuk meneliti hal ini, Robin Dando, Profesor Food Science Cornell University dan tim-nya menggunakan contoh es krim berbagai rasa pada sebuah pertandingan Hockey selama 1 musim di universitas tersebut untuk mengamati perubahan persepsi fans dan kaitannya dengan skor akhir pertandingan.

Dan hasilnya, penonton ternyata lebih menyukai es krim pada saat tim Hokey mereka menang.

Baca juga : Ini 7 Manfaat Kesehatan Es Krim

“Penonton mengatakan bahwa es krim terasa lebih manis dan terasa kurang asam saat tim menang. Namun rasanya akan terasa berbeda ketika tim mengalami kekalahan.”

Lalu apa penjelasan ilmiahnya?

Dijelaskan lebih lanjut, ketika kita bahagia, level Serotonin dalam tubuh meningkat.

Dando mengatakan, “Serotonin dengan level tinggi, bisa mempengaruhi rasa makanan yang kita konsumsi, karena reseptornya tersebar di kuncup perasa pada lidah.”

Namun, kadar Serotonin bukan satu-satunya penjelasan. Masih ada 1 penjelasan lain terkait rasa makanan yang makin enak ini.

“Ada 1 hal yang lebih sederhana yang bisa menjelaskan fenomena ini. Ketika suasana hati sedang baik, hanya membutuhkan sedikit hal untuk memuaskan anda. Rasa es krimnya tidak berubah, tapi pengharapan anda yang tidak terlalu tinggi, itu yang mengubah rasanya.”

Bayu

Indra Sjafri Temukan Tim Inti Timnas U-22

Previous article

Endah N Rhesa Luncurkan Video Clip For A Minute

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info