FeatureHealth

Penyalahgunaan Obat Via Online Kebanyakan Anak Muda

0
multivitamin DPR
Obat Credit : Livescience

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Penyalahgunaan obat menjadi pengawasan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DIY. Sebab, hasil pantauannya banyak dari generasi muda menyalagunakan obat.

“Ada, kita mengindikasikan pola peningkatan penyalahgunaan obat itu ada di masyarakat pemuda,” kata Rustyawati Kepala Balai Besar POM Yogyakarta kepada Starjogja 101,3 FM Senin (11/2/2019).

Penyalahgunaan obat dair kalangan anak muda ini menurut BBPOM DIY melalui online. Banyak anak muda memesan obat lewat online untuk kebutuhan tertentu.

Baca Juga : Penjualan Obat Online Diwaspadai BBPOM

“Ini terbukti dari pengiriman secara online, lewat ekpedisi itu ada peningkatan dan pernah melakukan penangkapan beberapa kali terhadap obat yang seharusnya tidak digunakan, ada obat harus resep dokter tapi digunakan,” katanya.

Penjualan obat secara online membuat penggunaan obat ini tidak terkontrol. Karena, tidak sesuai dengan dosis yang ditetapkan dokter.

“Ini perdagangakan ilegal, ini tidak pakai resep dokter. Masyarkat pakai dossis sendiri. Itu dosis penyalahgunaan untuk efek lain itu tidak pakai jalur resmi,” katanya.

Bebasnya penggunaan obat secara online ini justru dimanfaatkan pihak tertentu. Sehingga ketika transaksi yang bebas dan terputus membuat penyalahgunaan obat ini cukup meningkat.

“Pembelian terputus jadi aman saja itu digunakan suplayer atau produksi. Ini masyarakat remaja kita yang informasinya terbatas komitmentnya terbatas mungkin galau minumnya obat,” katanya.

Rusty mengatakan pihaknya kerap turun ke lapangan untuk menindak penyalahgunaan obat ini. Bahkan pihaknya bekerjasama langsung denga POLDA DIY untuk menindak pelaku.

“Kalo kita temukan produknya kita dengan polisi beberapa kali dengan Polda Satnarkoba Diskrimsus beberapa kali kita tangkap. Itu indikasinya kuat, dia membandel dan berulang-ulang,” katanya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada beberapa pihak terkait penjualan obat online. Jasa ekpedsisi, jasa transportasi barang diundang untuk edukasi soal penyalahgunaan obat online ini.

“Kita bilang penyaluran ini salah anda salah ini untuk tujuan kebaikan kita lakukan edukasi kepada penjual obat legal kita undang juga. Kita komitmentlah tidak hanya bisa ditindak saja tapi edukasinya tidak,” katanya.

Bayu

Film The Man From The Sea akan Tayang di Bioskop

Previous article

100 Orang India Tewas karena Miras

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature