Sport

Hakeem Al Araibi Ditahan Thailand Tiba di Melbourne

0
Hakeem Al Araibi
Hakeem Al Araibi (foto : Reuters)

STARJOGJA.COM, Sport – Hakeem Al Araibi pemain sepak bola Bahrain yang ditahan di penjara Thailand selama lebih dari dua bulan menerima status pengungsi di Australia. Hakeem Al Araibi tiba di kota asal angkat Melbourne pada hari Selasa (12/2) dan membuat lega istrinya. Tidak hanya itu kedatangannya di Bandara Melbourne disambut sorak-sorai warga yang mendukungnya.

Hakeem Al Araibi yang melarikan diri dari Bahrain pada 2014 dan menerima status pengungsi di Australia, dibebaskan dari penjara pada hari Senin (11/2). Pihak berwenang Bahrain menuduh Araibi atas kejahatan yang dilakukan selama protes Musim Semi Arab 2011, tuduhan yang ia tolak.

“Australia adalah negara saya. Saya belum memiliki kewarganegaraan, tetapi negara saya adalah Australia, Saya cinta Australia, saya akan mati di Australia, “kata Araibi setelah ia turun di bandara Melbourne dari penerbangan Thai Airways dari Bangkok dikutip dari Reuters Selasa (12/2/2019).

Baca Juga : Indonesia kembali lakukan Naturalisasi pemain sepak bola

Melalui tayangan TV ratusan pendukung berseru dan memeluknya yang saat itu mengenakan kaus bermain Pascoe Vale, tim semi-profesional yang dia mainkan di Melbourne, kota terbesar kedua di Australia.

Araibi ditangkap di bandara Bangkok pada November saat berbulan madu setelah pemberitahuan Interpol dikeluarkan atas permintaan Bahrain. Penangkapan ini mengundang kecaman internasional yang luas.

Akhirnya, Bahrain di bawah tekanan diplomatik berat, setuju untuk membatalkan upayanya agar dia diekstradisi dari Thailand. Perdana Menteri Australia Scott Morrison dua kali menulis kepada mitranya dari Thailand untuk mendesak pembebasan Araibi, sementara Menteri Luar Negeri Marise Payne melakukan perjalanan ke Bangkok untuk secara pribadi mendesak pembebasan pengungsi.

Sementara tekanan diplomatik diterapkan di belakang layar, gelombang tekanan publik tumbuh dengan intervensi bintang sepak bola saat ini.

Craig Foster, mantan kapten Australia, memimpin upaya, menarik dukungan dari pencetak gol terkemuka Australia, Tim Cahill, dan mantan striker Chelsea Didier Drogba.

Presiden Afghanistan juga menawarkan kantor lokal Taliban untuk
merangkul Araibi, namun Foster mengatakan jika dukungan Australia menunjukkan yang terbaik merangkul Araibi.

“Berjuang sangat keras bukan hanya untuk pemain muda yang hampir tidak ada yang tahu, tetapi seorang pengungsi yang berada di bawah perlindungan kami berbicara banyak tentang karakter, nilai-nilai dan kebanggaan yang kami miliki sebagai warga Australia,” kata Foster kepada wartawan.

Layanan A5 Corner KPU Kota Jogja Dibuka 14 Februari

Previous article

Ketua KPU: Orang Gila Tak Punya Hak Pilih

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sport