Harga Turun, Petani Bugel Rombak Tanaman Cabainya

0
9
harga cabai
FOTO : Harian Jogja

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Harga Turun, Petani Bugel Rombak Tanaman Cabainya. Langkah itu diambil menyusul harga panenan cabai terpuruk hanya sekitar Rp 3.000 per kilogram (kg).

Sukarman, Ketua Kelompok Tani Gisik Pranaji Desa Bugel membantah mematikan cabainya. Menurut Sukarman, tanamannya memang sudah tidak produktif, sudah melewati panen puncak, sehingga sudah waktunya diganti tanaman lain.

“Memang ada pemakaian semacam herbisida, tetapi itu saya lakukan semata mata untuk menghemat ongkos tenaga kerja. Jadi bukan karena saya dan para petani disini putus asa dengan harga murah, tapi skema pola tanamnya memang harus beralih dengan komoditas lain,” ujar Sukarman kepada Star Jogja FM , Rabu Siang ( 13/02).

Baca juga : Pasar Lelang Cabai Sudah Ada di Sleman

Ia menyebutkan Petani merombak tanaman cabai dengan cara menyemprot pestisida rumput atau tidak menyiram dan membiarkan tanaman mengering. Cabai merah keriting yang seharusnya dipanen dibiarkan mengering di batang tanaman.

Sukarman memastikan petani masih tetap semangat menanam cabai dan siap mengamankan pasokan saat puasa dan lebaran nanti. Bahkan petani telah menyiapkan sekitar 20 hektare lahan untuk menamam cabai di lokasi lain. Persiapan itu untuk memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran nanti.

“Petani tetap semangat kok tanam cabai,” tegas Sukarman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here