Kota JogjaNews

PTBY 2019 Junjung Kebhinekaan Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia

0
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XIV tahun 2019 ( FOTO : Boby Visca)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kebhinekaan sebagai kekayaan bangsa Indonesia dan bukan untuk dipertentangkan. Untuk itu, gelaran Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) dapat menjadi peristirahatan sejenak untuk merenung kembali bagaimana membangun semangat ke-Indonesiaan.

Hal ini diungkapkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XIV tahun 2019 di Kampung Ketandan pada Rabu Malam (13/2). Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XIV tahun 2019 mengangkat tema Harmony in Diversity. Gubernur DIY mengungkapkan, unsur bumi dalam tahun babi tanah konon membawa aura kemurahan hati, solidaritas dan soliditas serta introspeksi diri.

“Hal ini berpeluang menciptakan kedamaian, memperkokoh persatuan dan kesatuan. Mirip dengan budaya Tionghoa, dalam budaya Jawa, hakekat sifat ibu adalah mencerahkan jiwa, merekatkan persaudaraan, dan merekahkan harapan. Harapan kita sebagai bangsa, tentu agar penanda makrokosmos itu bisa dikonversi menjadi kaidah penuntun hidup dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa,” papar Sri Sultan.

Sri Sultan menuturkan, harapan itu tidak hanya dimaknai sekedar pada ajaran kebaikan semata, tetapi hendaknya bisa dibunyikan menjadi ujaran kebaikan yang menyejukkan bagi sesama anak bangsa. Apalagi saat ini bangsa Indonesia sedang terlanda oleh hawa panas perpolitikan nasional yang bisa berpotensi menjadi disintegrasi sosial.

“Jika budaya adalah ciri suatu bangsa, dan ciri-cirinya diperoleh lewat proses belajar dan interaksi, maka proses itu adalah proses integratif dalam hidup yang penuh toleransi. Ini telah kita kukuhkan sejak Sumpah Pemuda. Kurun waktu 90 tahun lebih kiranya cukup untuk mengentalkan suatu identitas kemajemukan budaya, di mana identitas budaya Tionghoa menjadi salah satu unsur pembentuknya,” kata Sri Sultan.

Dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DIY maupun selaku pribadi, Sri Sultan HB X pun mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek tahun 2570 dan mendoakan agar semua pihak banyak rezeki.

Dalam kesempatan yang sama, ketua umum panitia Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XIV tahun 2019 Tri Kirana Muslidatun melaporkan, pada perayaan kali ini, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XIV tahun 2019 digelar selama satu pekan pada 13-19 Februari 2019. PBTY 2019 sendiri merupakan perhelatan seni kreativitas nusantara yang melambangkan kebersamaan di Yogyakarta yang guyub dan harmonis.

Baca juga: Kampung Ketandan Saksi Sejarah Tionghoa di Yogyakarta

“Tidak hanya budaya Tionghoa saja yang akan mewarnai Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta tahun ini, tapi juga budaya nusantara lainnya. Tujuan diselenggarakannya Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta salah satunya untuk meningkatkan citra kepariwisataan dan menjadikan Kota Yogyakarta menjadi tujuan wisata dengan pendekatan budaya,” jelas Tri Kirana.

Menurut Tri Kirana, gelaran Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2019 sekaligus sebagai ajang edukasi budaya Tionghoa kepada masyarakat dan wisatawan. Dengan semangat keinginan melestarikan budaya Tionghoa dan budaya nusantara lainnya, PBTY 2019 dipenuhi beragam kegiatan budaya yang dapat saksikan masyarakat umum.

Beberapa rangkaian kegiatan dalam Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2019 diantaranya, atraksi liong dan naga barongsai, wayang potehi yang digelar pada sore setiap harinya, kompetisi bercerita dalam bahasa Tionghoa, kompetisi desain batik peranakan, lomba puisi bahasa Mandarin, lomba tari kreasi baru, lomba Chinese paper cutting, lomba mendongeng bahasa Mandarin dan lain sebagainya. Selain itu akan digelar pula karnaval dan kirab budaya pada 16 Februari 2019 dari Taman Parkir Abu Bakar Ali sampai Alun-Alun utara.

Sementara itu, Ketua Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) Harry Setio menyampaikan, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta sebagai event budaya kini telah menjad salah satu event nasional terbesar. Ini dibuktikan dengan masuknya Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta dalam calender event Kementerian Pariwisata.

“PBTY merupakan wadah kolaborasi insan seni budaya. Semoga seni budaya kita bisa terus berkembang dan semakin besar dan Yogyakarta bisa selalu menjadi kota toleran,” ungkap Harry Setio.

Bobby Visca

PLASTIC Aplikasi UGM Untuk Kurangi Limbah Plastik

Previous article

Pemkot Jogja Hapus Stimulus SPPT PBB

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja