Flash Info

Pengangguran Bergaji Besar Ada di Finlandia

0
negara bahagia di dunia
Pengangguran Bergaji Besar ada di Finlandia (World Economic Forum)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pengangguran bergaji besar tentu idaman para pengangguran di Indonesia. Impian pengangguran bergaji besar ini faktanya ada di Finlandia.

Finlandia memberikan pengangguran bergaji besar senilai USD 600 per bulan atau Rp 8,4 juta (USD 1 = Rp 14.088).

Dilansir dari World Economic Forum langkah ini menjadikannya negara Eropa pertama yang menguji ide gaji dasar tanpa syarat kepada warga negara. Finlandia memberikan uang itu kepada pengangguran tanpa syarat memang.

Baca Juga : Mau Gaji Rp. 1,8 miliar? Jadi Penjaga Menara Suar

Pemerintahan Finlandia melakukan eksperimen ini demi harapan memberikan insentif agar mereka mau bekerja. Bill Gates dan Mark Zuckerberg juga mendukung program seperti ini.

Seperti dikutip Liputan6.com eksperimen gaji berjalan selama dua tahun dan di tahun pertama, para partisipan mengalami peningkatan positif kebahagian dan stres. Tetapi, mereka tetap saja menganggur.

“Basic income tampak memberi efek positif pada kesejahteraan penerimanya, meski dalam jangka pendek tidak menolong prospek kerja orang itu,” ujar peneliti Minna Ylikanno dari Social Insurance Institution of Finland seperti dikutip MarketWatch.

Pendukung program gaji itu menyebut pemberian gaji bisa mendorong seseorang memulai bisnis dan agar seseorang berani mencoba pekerjaan baru tanpa perlu takut kehilangan bantuan pengangguran. Namun, program ini dikritik karena program ini tak praktis, kemahalan, dan menghalau orang mencari kerja.

Program basic income ini berbeda dari program bantuan pengangguran. Sebelum ada program ini, pengangguran di Finlandia takut mengambil pekerjaan kecil-kecilan karena khawatir kehilangan bantuan pengangguran.

Angka pengangguran di Finlandia berjumlah 5,4 persen. Program gaji ini pun masih terus berjalan agar mendapat hasil keseluruhan. Jika nominal itu diberikan ke setiap warga negara Indonesia yang menganggur maka jadi kabar baik ya.

Bayu

Raja Arab Saudi Salman Gelontorkan Investasi Besar

Previous article

Lampu Penerangan di Jalur Evakuasi akan Dipasang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info