News

Wisata Taman Nasional Komodo Ditutup, ASITA Setuju

0
tiket masuk Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo - www.australiangeographic.com.au

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Wisata Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur rencananya akan ditutup selama satu tahun. Sehingga aktivitas wisata di obyek wisata Taman Nasional Komodo itu tidak ada.

Hal ini didukung oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) mendukung rencana penutupan oleh pemerintah daerah setempat. Pelaksana Tugas Ketua Umum Asita Budijanto Ardiansjah tidak keberatan karena penutupan hanya bersifat sementara.

“Tidak ada masalah menurut kami sebenarnya karena toh hanya 1 tahun. Pasti ada beberapa kawan-kawan kami yang menyayangkan tapi saya pribadi lihat konteks lebih luas,” ujar Budi kepada Bisnis.com, akhir pekan lalu.

Baca Juga : Indonesia Jadi Negara Layak Dikunjungi Tahun 2019

Penutupan sementara Wisata Taman Nasional Komodo baik untuk menjaga populasi komodo. Habitat komodo menjadi sedikit terganggu seiring tingginya minat wisatawan manca negara datang ke pulau Komodo ini.

“Kami berharap penutupan tidak lama. Recovery Pulau Komodo bisa berlangsung cepat dan pariwisata ini bisa kembali dibuka dengan konsep yang lebih baik,” kata Budi.

Sebelumnya, Pemerintah Nusa Tenggara Timur berencana menutup lokasi wisata Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama 1 tahun sebagai upaya meningkatkan jumlah populasi komodo dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan langka tersebut.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan kondisi habitat komodo di Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores itu sudah semakin berkurang serta kondisi tubuh komodo yang kecil sebagai dampak dari berkurangnya rusa yang menjadi makanan utama komodo.

Dia khawatir apabila rusa semakin berkurang, maka tidak menutup kemungkinan komodo akan saling memangsa untuk mempertahankan hidup.

PMI Kota Yogyakarta : Permintaan Trombosit Naik

Previous article

Film Foxtrot Six Film Termahal Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News