Kab Sleman

Lampu Penerangan di Jalur Evakuasi akan Dipasang

0
Smart Safety Lamp and Alarm

STARJOGJA.COM, Sleman – Lampu penerangan di jalur evakuasi Gunung Merapi segera dipasang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Dinas Perhubungan Sleman (Dishub) berencana memasang 32 titik lampu penerangan di jalur evakuasi.

Kasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Wahyu Estijanto mengatakan pemasangan lampu penerangan di jalur evakuasi itu tak bisa dilakukan secara bersamaan. Keterbatasan anggaran, memaksa Dishub Sleman memasang Lampu penerangan di jalur evakuasi secara bertahap.

“Akan dipasang di ruas jalan mulai dari Dusun Ngepring hingga Turgo, sebab di ruas jalan itu hanya ada tiang listrik tanpa dilengkapi PJU. Padahal jalur itu difungsikan sebagai jalur evakuasi. Sehingga nanti setiap tiang akan dipasang satu JPU, artinya akan ada 32 titik yang dipasang,” kata dikutip dari Harianjogja.com Kamis (14/2/2019).

Baca Juga : Gunung Merapi Malah Berbahaya Jika Tak Keluarkan Lelehan Lava

Pihaknya juga segera menambah PJU di 12 barak pengungsian Gunung Merapi. Barak-barak tersebut merupakan milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman.

“Jumlahnya bermacam-macam, ada yang per titik barak satu PJU, ada yang dua. Ini juga sebagai langkah antisipasi saat erupsi Merapi,” ucap dia.

Kepala Dishub Sleman Mardiyana mengatakan jajarannya telah menyurvei delapan titik jalur evakuasi yang minim penerangan. Di antaranya ada di wilayah Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan dan Sudimoro, Kecamatan Pakem.

“Memang, pemasangan lampu penerangan di jalur evakuasi sejauh ini belum dilakukan secara menyeluruh. Sebagian lampu sudah di pasang. Sebagian lagi baru pengadaan,” katanya.

Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto mengatakan saat ini jalur evakuasi dan rambu-rambu petunjuk evakuasi yang ada di wilayah Desa Kepuharjo sudah dalam kondisi bagus. Menurut dia satu-satunya kendala hanya soal penerangan jalan yang jumlahnya masih minim.
“Penerangan jalan di jalur evakuasi ada saat ini hanya seadanya yang dipasang dari swadaya masyarakat, namun jumlahnya masih minim karena terkendala jaringan listrik,” kata dia.

Dia mengatakan Desa Kepuharjo memerlukan sekitar 25 lampu penerangan jalur evakuasi, khususnya untuk di Jalan Kopeng-Tangkisan, Geblok-Kopeng, dan Glagahmalang-Sidorejo.

“Atau paling tidak untuk di titik kumpul, seperti Masjid Manggong, Masjid Pagerjurang dan Lapangan Desa Kepuh,” ujarnya.

Senada, Kepala Desa Glagaharjo, Suroto mengatakan selama ini lampu penerangan yang ada di jalur evakuasi dipasang oleh masyarakat sekitar dengan kondisi yang seadanya.

“Untuk lampu penerangan yang besar, jika mengambil titik-titik yang strategis, kurang lebih butuh 15 titik, sekitar tujuh kilometer dari pasar Glagaharjo butuh sampai ke Dusun Kalitengah lor, Dusun paling atas,” ucap dia.

Bayu

Pengangguran Bergaji Besar Ada di Finlandia

Previous article

Frozen 2 Rilis Teaser, Segera Tayang 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman