Kab BantulNews

Ratusan Siswa SMAN 1 Piyungan Diajak Siaga Bencana

0
FOTO : act

STARJOGJA.COM. BANTUL – ACT dan relawan MRI terus berupaya  memberikan edukasi siaga bencana, utamanya kepada para siswa di sekolah-sekolah.

Bertempat di SMAN 1 Piyungan, Bantul edukasi dan mitigasi bencana diberikan dihadapan 320 siswa pada Jum’at siang (15/2). Bertajuk ‘Humanity Day’ ratusan siswa diajak mengenal karakter dan potensi bencana khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kita hidup di wilayah dimana bencana bisa terjadi kapan saja, mulai dari ujung selatan yang berupa tsunami sampai ujung utara yaitu erupsi gunung Merapi” papar Sa’di ketika memberi pengarahan dihadapan ratusan siswa.

Pada mitigasi bencana kali ini, pelatihan dibagi menjadi dua sesi yaitu simulasi pemadaman kebakaran dan simulasi teknik evakuasi bencana gempa bumi. Pada sesi simulasi kebakaran para siswa diajak untuk mengenal jenis-jenis kebakaran dan dilatih untuk melakukan penanganan kebakaran dengan tepat, salah satunya menggunakan kain basah untuk pemadaman dan penyelamatan diri, serta menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk memadamkan api secara aman.

“Saya senang mengikuti kegiatan siang hari ini, dengan begini kami bisa melakukan suatu tindakan ekstrim dengan tenang dan tidak panik,” jelas Nurhayati, seorang peserta acara.

Sementara itu Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto juga memberikan tanggapan perihal program Humanity Day

“Kegiatan edukasi dan mitigasi kebencanaan sudah menjadi ruh bagi lembaga kemanusiaan seperti ACT untuk terus memberikan edukasi dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat dan sekolah-sekolah, terutama di Jogja yang memiliki beragam potensi bencana” pungkasnya.

Malioboro Imlek Carnival Siap Hibur Masyarakat Jogja

Previous article

Pembangunan NYIA Sudah Mencapai 69,7 Persen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul