FeatureKab Kulonprogo

Mobile Tower akan Dipakai Saat Operasional NYIA

0
82 persen
Progres Pembangunan NYIA di Kulonprogo

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Bandara New Yogyakarta Airport (NYIA) akan dioperasikan pada April 2019 mendatang. Saat operasional PT Angkasa Pura (AP) 1 sementara akan menggunakan sebuah mobile tower sebagai pemandu lalu lintas udara di NYIA.

Non Terminal Manager NYIA, Hendro Susanto, mengatakan pemilihan mobile tower karena tower Air Traffic Controller (ATC) masih dalam tahap pembangunan.

“Tower masih proses pembangunan, jadi untuk pengoperasian penerbangan International nantinya memakai satu mobile, AirNav yang menyediakan dan lokasinya di sisi apron sebelah barat,” katanya di lokasi Sabtu (16/2/2019).

Baca Juga : Pembangunan NYIA Sudah Mencapai 69,7 Persen

Hendro memastikan fungsi mobile tower ini sama dengan tower ATC. Sebelumnya pernah digunakan di Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu, pasca gempa Kota Palu pada 28 Oktober yang merobohkan tower ATC bandara tersebut.

Rencananya pemasangannya dilakukan pada pertengahan Maret 2019 bersamaan proses verifikasi dari Direktorat Bandar Udara (DBU).

“Kemungkinan mobile tower akan dipake sampai November [2019], sekaligus menunggu bangunan tower ATC bisa digunakan, lebih lanjut bisa tanyakan ke pihak AirNav,” kata Hendro.

Sebelumnya, Senior Corporate Communication PT Angkasa Pura I Awaluddin memaparkan saat ini telah mencapai 69,7%. Sedangkan secara keseluruhan proyek NYIA sebesar 35%.

“Terminal yang ada saat ini sudah jadi dengan luasan 12.900 meter persegi. Untuk sisi airside secara keseluruhan mencapai 16 persen,” ujarnya.

Pihak AP 1 yakin target operasional bandara NYIA pada April 2019 dapat tercapai. Sebab, saat ini sedang tahap perampungan terutama di terminal bandara NYIA.

Orang Tua Siswa Harus Berperan dalam Pendidikan

Previous article

Rumah Singgah ala Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature