Pendidikan

Orang Tua Siswa Harus Berperan dalam Pendidikan

0
UNBK SMA/MA hari pertama
Ilustrasi siswa ikuti UNBK

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Orang tua siswa harus berperan dalam dunia pendidikan. Terutama mendapingi anaknya belajar ketika di rumah. Hal ini menurut Timbul Mulyono Anggota Dewan Pendidikan Yogyakarta harus dilakukan sebab orang tua memiliki peran penting.

“Pendidikan tidak lepas dari peran orang tua siswa, diharapkan orang tua jangan sampai tergantung kepada sekolah. Orang tua harus aktif mendampingi anaknya,” katanya di Starjogja 101,3 FM Senin (18/2/2019).

Timbul mengatakan orang tua siswa dan guru harus ada komunikasi yang lancar. Sehingga informasi soal anak didik dapat diketahui dua belah pihak diantaranya melalui paguyuban orang tua.

Baca Juga : Sekolah Siaga Bencana Media Edukasi Bencana Pelajar

“Sekolah harus ada peguyuban orang tua siswa tujuannya orang tua memberikan  pengaruh pada anak. Begitu intern sekolah membina para guru tidak hanya mengajar tapi mendidik yang diutamakan,” katanya.

Menurutnya pendidikan di sekolah harus memiliki lima unsur mulai dari unsur guru hingga orang tua. Lima unsur ini harus selalu kompak ketika mendapati masalah sekolah atau murid.

“Selalu mengingatkan bahwa sekolah itu merupakan kelompok sekolah terdiri dari berbagai personal dari kepala sekolah pendidik, tenaga pendidik, siswa dan orang tua siswa harus kompak lima unsur itu,” katanya.

Pendidikan di sekolah menurut Timbul harus membuat nyaman siswa ketika belajar. Salah satunya sekolah menerapkan tata krama.

“Pemerintah minta semua guru menerapkan karakter sehingga mengendalikan watak siswa itu sendiri. Tapi tidak lepas dari guru yang memberikan contoh,” katanya.

Kuatnya karakter siswa ini bagi Timbul dapat membuat kondisi di sekolahan nyaman. Karena karakter siswa ini menentukan sikap seorang siswa ke guru dan sebaliknya.

“Jangan perbanyak mata pelajaran dalam kurikulum sekolah, tapi mau melakukan pembinaan mental karakter harus semua prsonal melaksanakan mulai dari kepaal sekolah sampai orang tua melaksanakan  itu,” katanya.

Film Foxtrot Six Siap Tayang 3 Hari Lagi

Previous article

Mobile Tower akan Dipakai Saat Operasional NYIA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan