Yogyakarta Juara Yuni Astuti Cup 2019

0
11
Yogyakarta Juara Yuni Astuti
Yogyakarta Juara Yuni Astuti 2019 (foto : Istimewa)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Yogyakarta Juara Yuni Astuti Cup 2019 di GOR Amongrogo Yogyakarta Minggu (17/2/2019). Atlet karate Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Jogja menjadi jawara dalam Kejurda Indonesia Karate Do (Inkado) dan Open Championship Yuni Astuti (YA) Cup 2019 memborong 11 medali emas.

Ketua Inkado DIY Faried Jayen Soepardjan mengapresiasi Yogyakarta Juara Yuni Astuti Cup 2019. Antuasias karateka yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, atlet dan perwakilan berbagai dojo di DIY terlihat. Target awal sekitar 350 peserta, namun jelang penutupan pendaftaran peserta membludak hingga mencapai 447 peserta.

“Karena semangat dari kegiatan ini adalah pembinaan, pengembangan potensi atlet, panitia tetap mengakomodasi pendaftar sampai akhirnya melebihi target. Kami juga kaget, ternyata minat adik-adik dalam berkompetisi ini sangat tinggi,” terangnya dalam rilisnya Senin (18/2/2019).

Baca Juga : Yogyakarta Jadi Tempat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2018

Ia mengatakan, dalam kejuaraan itu kontingen dari Kota Jogja berhasil meraih juara umum dalam open championship YA Cup 2019 dengan perolehan 11 medali emas, enam perak dan empat perunggu. Pihaknya mengapresiasi tim dari Kota Jogja yang mampu mengungguli 23 tim lainnya terdiri dari sekolah, Forki kabupaten di DIY, dojo dan sejumlah perguruan.

Para karateka dalam YA Cup 2019, mengikuti kejuaraan dalam dua kategori, yaitu kejuaraan bagi pemegang sabuk putih, kuning dan hijau, serta kejuaraan khusus atlet.
Berdasarkan pengalaman sebelumnya, event sekelas kejurda belum pernah peserta sampai sebanyak ini, ini menarik untuk pembinaan karateka ke depannya,” katanya.

Besarnya minat peserta dalam kejurda itu menjadi sinyal baik bagi Inkado DIY dalam menelurkan atlet profesional. Saat ini sejumlah atlet karate asal DIY banyak yang sudah berkiprah di level nasional, terutama dari kalangan pelajar dalam kejuaraam O2SN dan Popnas. “Kami akan terus mengupayakan pembinaan atlet ini agar ke depan bisa terus berprestasi,” ujarnya.

Ketua Dewan Pembina Inkado DIY Yuni Astuti mengapresiasi semangat karateka DIY. Melihat besarnya minat berkompetisi di DIY, pihaknya merencanakan membuat kejurnas dengan mengambil lokasi di DIY.

“Dalam waktu dekat ini kami akan panggil wasit level nasional untuk membahas rencana kejurnas di DIY,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here