Flash Info

Sel iPS Kembali Digunakan Ilmuwan Jepang

0

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Ilmuwan Jepang akan melakukan percobaan Sel induk pluripoten diinduksi atau Sel iPS atau sel punca pluripoten untuk mengobati cedera syaraf tulang belakang. Proyek penelitian ini sesuai persetujuan panel di kementerian kesehatan pada Senin (18/2).

Dua juta sel iPS akan disuntikkan oleh tim riset dari Universitas Keio, Tokyo pada bagian luka dari seorang pasien. Tim akan mengkaji hasilnya melalui rentang satu tahun.

Sel iPS dibuat dengan mengangkat sel dewasa dari seseorang- kerap diambil dari kulit – dan memprogramnya ulang untuk berwatak seperti sel punca.

Baca Juga : Shimichanchi, Belajar Bahasa Jepang Murah di Jogja

Pada tahun lalu uji klinis dimulai di Jepang dengan menggunakan pengaturan ulang sel punca untuk merawat penyakit buyutan.

Panel kementerian kesehatan sudah memberikan lampu hijau akan pemakaian sel iPS untuk merawat pasien dengan penyakit mata yang langka atau penyakit darah.

Tim Keio University dipimpin oleh Prof. Hideyuki Okano dan Masaya Nakamura akan mencari empat pasien berusia 18 tahun atau yang lebih tua, yang kehilangan kemampuan gerak dan fungsi panca indera karena cedera syaraf tulang belakang yang terjadi sekitar dua hingga empat minggu sebelumnya.

Dikutip dari Antara, Yayasan Syaraf Tulang Belakang Jepang memperkirakan lebih dari 100 ribu orang di negeri tersebut mengalami cidera syaraf tulang belakang

Yogyakarta Juara Yuni Astuti Cup 2019

Previous article

Manchester United Akan Dibeli Putra Mahkota Arab Saudi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info