CulinaryFlash Info

Ini Tips Sederhana Menyeduh Kopi di Rumah

0
konsumsi kopi
Secangkir Kopi Luwak Mataram (foto : Satria Agni)

STARJOGJA.COM, KULINER – Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian masyarakat Indonesia. Jika Anda biasanya sering menikmati kopi di warung kopi, kini waktunya Anda mencoba menyajikan kopi buatan sendiri dengan berbagai kreasi.

Pakar kopi sekaligus roaster dan barista senior Javabika Fitra mengatakan beberapa hal dapat dilakukan oleh penikmat kopi di rumah. Mereka dapat melakukan berbagai kreasi untuk menyeduh kopi dengan hasil sesuai selera.

Menurutnya, selain kopi tubruk, setidaknya pecinta kopi di rumah mesti memiliki beberapa alat seperti Plunger dan V60. Salah satu dari alat tersebut juga sudah memadai, sesuai kebutuhan yang diinginkan.

“Sebelum memilih untuk menikmati kopi di rumah, terlebih dulu kopi yang masih berbentuk biji sebaiknya digiling di tempat pembelian. Karena tidak semua orang memiliki grinder kopi,” tutur Fitra kepada Bisnis, Jumat (22/2/2019).

Setelah persiapan awal sudah dilakukan, saatnya menyeduh kopi sesuai selera. Penikmat kopi disarankan memberikan tambahan untuk kopi racikannya, misalnya memberikan gula aren dan kental manis sebagai variasi rasa.

“Gula aren dicairkan kemudian dicampur dengan espresso yang dibuat penggunakan plunger,” terangnya.

Sementara itu, kental manis juga dapat diseduh bersama sajian kopi. Sebagian kalangan memberikan takaran untuk kental manis satu pertiga dari kopi. Hasilnya akan memberikan rasa berbeda bagi penikmatnya.

“Kalau mau lebih sederhana, penikmat kopi di rumah dapat menyeduhnya menggunakan V60, itu lebih sederhana lagi, tidak ribet,” tambah Fitra.

Gudeg Adem Ayem Langganan Para Presiden

Previous article

Masih Banyak Warga Buang Limbah Langsung ke Sungai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary