Flash Info

Presiden Iran Menolak Pengunduran Diri Menlu Iran

0
Menlu Iran
Iranian Foreign Minister Mohammad Javad Zarif waves after a plenary session at the United Nations building in Vienna, Austria July 14, 2015. REUTERS/Leonhard Foeger

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Presiden Iran Hassan Rouhani menolak pengunduran diri Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif pada hari Rabu (27/2). Ini memperkuat sekutu moderat yang lama menjadi sasaran para garis keras dalam perjuangan faksi atas kesepakatan nuklir 2015 dengan Barat.

Zarif – seorang diplomat veteran berpendidikan A.S. yang membantu membuat pakta yang mengekang program nuklir Iran mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Senin lalu.

Dua hari kemudian, dia mendapat dukungan presiden serta dukungan dari anggota parlemen moderat, seorang komandan Pengawal Revolusi senior dan, secara implisit, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei.

Baca Juga : Mohammad Javad Zarif Menlu Iran Mengundurkan Diri

“Sebagaimana Pemimpin Tertinggi menggambarkan Anda sebagai orang yang ‘dapat dipercaya, berani, dan religius’ di garis depan perlawanan terhadap tekanan luas AS, saya mempertimbangkan menerima pengunduran diri Anda terhadap kepentingan nasional dan menolaknya,” kata Rouhani dalam surat yang diterbitkan pada berita negara agen IRNA dikutip dari Reuters.

Kepergian Menlu Iran ini akan membuat Iran kehilangan diplomatnya yang paling terampil, seorang negosiator sabar dan mampu mencapai kesepakatan penting dengan kekuatan Barat yang sering bermusuhan.

Setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan perjanjian nuklir pada Mei tahun lalu dan menerapkan kembali sanksi AS, Zarif mendapat kecaman dari para penentang yang menuduhnya menjual negaranya.

Tidak jelas motif pengunduran diri Zarif sebagai Menlu Iran, tetapi sekutu mengatakan dua hari terakhir akan memberinya amunisi politik melawan kelompok garis keras.

Khamenei, belum secara terbuka mengomentari pengunduran diri Zarif. Tetapi hampir pasti bahwa Rouhani akan membutuhkan lampu hijau dari orang yang memiliki otoritas tertinggi di Iran.

Langkah Zarif mendorong perpecahan antara garis keras Iran dan moderat ke tempat terbuka, secara efektif menantang Khamenei untuk memilih berada di pihak mana.

Zarif tidak memberikan alasan khusus untuk pengunduran dirinya. Tetapi sekutu mengatakan dia telah berhenti setelah mendapat tekanan yang meningkat atas kesepakatan nuklir dan masalah lainnya.

“Dia mengundurkan diri karena dia mencintai negaranya. Karena beberapa ekstrimis di Iran, tidak dapat mentolerir pencapaian Zarif dalam kebijakan luar negeri dan menghalangi dia di setiap kesempatan, ”kata sumber yang dekat dengan Zarif dan kantor Pemimpin Tertinggi.

“Tidak peduli seberapa keras Zarif mencoba, dia tidak dapat menyelesaikan beberapa masalah karena mereka membutuhkan persetujuan dari parlemen, Dewan Penjaga dan sebagainya.”

Dewan memeriksa undang-undang yang disahkan oleh parlemen untuk kepatuhan terhadap konstitusi Iran.

Pada hari Rabu, Zarif mengucapkan terima kasih kepada Iran atas dukungan mereka. “Sebagai seorang hamba yang sederhana saya tidak pernah memiliki kekhawatiran selain mengangkat kebijakan luar negeri dan status kementerian luar negeri,” katanya dalam sebuah posting Instagram.

Setelah pengumuman Rouhani, Zarif menandatangani dua perjanjian di Teheran dengan Armenia, tayangan televisi menunjukkan, melanjutkan tugasnya sebagai diplomat top Iran.

Komandan Pengawal Revolusi Senior Qassem Soleimani mengatakan Zarif adalah orang utama yang bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri Iran dan ia didukung oleh Khamenei.

Prabowo : 2 X Kekayaan Indonesia Ada di Luar Negeri

Previous article

Prestasi Timnas U-22 Bawa Angin Segar PSSI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info