Penumpang KA Eksekutif Tahun ini Naik

0
12
.Penumpang KA Eksekutif
Ilustrasi Penumpang Kereta api

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Penumpang KA Eksekutif mengalami peningkatan jumlah pengguna di tahun 2019 ini. Eko Budiyanto Manager Humas PT KAI Daops VI mengatakan peningkatan jumlah penumpang KA Eksekutif tahun ini terhitung signifikan.

“Peningkatan signifikan baik KA jarak jauh, termasuk KA Ekseutif sekarang paling tinggi KA Eksekutif. Kenaikannya 30 Persen setiap tahunnya. Masa lalu KA ekonominya lebih banyak KA bisnis nomor dua sekarang justru eksekutif yang banyak,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Selasa (5/3/2019).

Eko mengatakan kondisi ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang lebih banyak menggunakan KA Ekonomi. Menurutnya, KA Eksekutif yang meningkat disebabkan karena pertumbuhan ekonomi masyarakat juga naik.

Baca Juga : BREAKING NEWS : Seorang Pengendara Motor Tertabrak Kereta Api

“Atau mungkin jadwal perjalanan yang naik juga,” katanya.

Eko mengatakan KA Eksekutif yang banyak digunakan saat ini paling banyak tujuan ke Jakarta, Bandung dan Surabaya. Naiknya penumpang KA Eksekutif ini juga terjadi di moment tertentu seperti liburan.

“Setiap hari kami memantau penumpang naik dan turun seperti lebaran tahun lalu di Jogja naik 12 persen dari tahun lalu. Jadi lebaran ini juga akan naik. dengan tambahan ka ekstra juga akan naik jumah penumpangnya,” katanya.

Moement seperti natal, tahun baru dan lebaran menjadi perhatian dari PT KAI. Sehingga persiapan jumlah armada disiapkan jauh hari.

“Kita siapkan apa apa yang dibutuhkan seperti Idul Fitri kita share jumlah kursi dan KA yang ada, tiket KA dijual 3 bulan sebelum lebaran,” katanya

Berdasarkan catatan tahun sebelumnya jumlah kursi yang disediakan berjumlah 621.125 tempat duduk. Eko menyakini jumlah tersebut akan naik seiiring jumlah tambahan KA Ekstra yang disediakan PT KAI.

“Tahun ini masih kita hitung yang jelas lebih dari 621 ribu itu,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here