Kota JogjaNews

Pameran Naskah Keraton Jadi Pusat Pembelajaran Budaya

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pameran Naskah Keraton Yogyakarta menjadi acara puncak pada Peringatan 30 Tahun Sri Sultan Hamengku Buwono X Bertakhta. Acara ini resmi dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada Kamis (07/03) malam di Bangsal Pagelaran, Keraton Yogyakarta. Pameran Naskah Keraton Jadi Pusat Pembelajaran Budaya

Sri Sultan berharap Pameran Naskah Keraton Yogyakarta dapat menjadi pusat pembelajaran budaya, yang memperkaya pembelajaran ilmu sejarah, sekaligus menjadi bagian dari pembangunan karakter dan bangsa.

“Agar seluruh elemen keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta senantiasa diberkahi semangat golong-gilig nyawiji guna menyambut tercapainya peradaban Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai Keraton Milenial bagi generasi baru bangsa dan semesta,” tutur Sri Sultan.

FOTO : Boby Visca

Sementara itu, Ketua panitia Gusti Kanjeng Ratu Bendara menyampaikan, pameran ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan merajut kembali sejarah Kasultanan Yogyakarta.

“Ini menjadi tantangan utama bagi Keraton Yogyakarta agar melestarikan dan memicu generasi muda untuk tergerak menghidupkan dan menjiwai perilaku Jawa yang sesungguhnya. Perilaku yang penuh dengan budi pekerti luhur diharapkan dapat menjadi pedoman perilaku bangsa Indonesia,” ujar putri bungsu Sultan, GKR Bendara.

Dengan tema ‘Merangkai Jejak Peradaban Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat’, Pameran Naskah Keraton Yogyakarta menampilkan 24 koleksi manuskrip asli dan 75 koleksi yang berhasil didigitalisasi dari British Library di Inggris. Dimana 75 manuskrip dan arsip yang merekam catatan sejarah Keraton Yogyakarta tersebut, hilang pada era Sri Sultan Hamengku Buwono II, sebab direbut oleh pasukan Inggris pada tahun 1812.

Pameran Naskah Keraton Yogyakarta berlangsung hingga 7 April 2019. Pameran dibuka untuk umum dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam di Bangsal Pagelaran, Keraton Yogyakarta

Sumber : Humas DIY

3 Manfaat Traveling Sendirian Bagi Perempuan

Previous article

OkeSayur, Aplikasi Belanja Sayur Online Buatan Mahasiswa UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja