Kota JogjaNews

Ini Peta Kerawanan Pemilu Versi Bawaslu Kota Yogyakarta

0
KPPS meninggal dunia
Ilustrasi Pemungutan SUara ( FOTO : Desi S / Harian Jogja )

STARJOGJA.COM. JOGJA – Bawaslu kota yogyakarta menyebut hampir semua wilayah kecamatan punya potensi kerawanan. Bawaslu sendiri telah memetakan titik rawan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Yogyakarta. Kepadatan penduduk jadi salah satu pemicu tingkat kerawanan wilayah di kota jogja pada pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta, Tri Agus Inharto mengatakan bahwa faktor terbesar terkait kerawanan adalah menyangkut keamanan. Pihaknya pun mewaspadai faktor konflik sosial yang bisa menimbulkan gesekan antar pendukung.

” Kerawanan ini bisa muncul di wilayah yang banyak terjadi perpindahan penduduk. Ini juga rawan di wilayah yang padat penduduk seperti di Tukangan ataupun di Gedong tengen,” jelasnya kepada Star Jogja FM, Selasa (12/03/2019).

Ia juga menjelaskan Kerawanan keamanan ada di TPS daerah Ngampilan, Kotagede, dan Gondokusuman. Ketika persaingan caleg kuat dan pernah ada titik konflik di sana, maka akan muncul kerawanan keamanan.Agus pun mengatakan, saat ini tidak hanya persaingan antar partai yang terasa memanas, bahkan dalam internal partai pun perebutan kursi dirasa sangat kental.

” Faktor eksternal dan internal partai ini juga yang berkontribusi terhadap kerawanan keamanan di tiap-tiap TPS di Kota Yogyakarta,” lanjutnya.

Selain kerawanan keamanan, pihaknya juga mewaspadai adanya kerawanan terkait SDM yang ada, mulai dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

” Kami antisipasi terkait kerawanan yang ada yakni dengan gencar melakukan sosialisasi bersama Panwaslucam tentang regulasi serta melakukan pendekatan ke tokoh masyarakat setempat agar suasana kondusif,” jelasnya.

Ini Bahayanya Anak Main Ponsel Sebelum Tidur

Previous article

Yakkum Pimpin Deklarasi Poros Belajar Inklusi Disabilitas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja