Banyak Jemaah yang Tewas di Dua Masjid Selandia Baru

0
23
Indonesia
Polisi Sleandia Baru memburu pelaku penembakan di dua masjid (foto : Reuters)

STARJOGJA.COM, Dunia – Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan pada salat Jumat di sebuah masjid Selandia Baru yang menewaskan banyak jemaah dan memaksa kota Christchurch dikunci saat polisi melancarkan perburuan besar-besaran.

Media Selandia Baru melaporkan bahwa antara sembilan dan 27 orang tewas, tetapi jumlah korban tewas tidak dapat dikonfirmasi. Polisi mengatakan beberapa kematian telah terjadi di dua masjid, tetapi tidak jelas berapa banyak penyerang yang terlibat.

Rekaman video beredar luas di media sosial, tampaknya diambil oleh seorang pria bersenjata dan diposting secara online saat serangan itu berlangsung, menunjukkan dia mengemudi ke satu masjid, memasukinya dan menembak secara acak pada orang-orang di dalamnya.

Baca Juga : Polisi: Ada Korban Tewas Penembakan di Selandia Baru

Para jamaah, mungkin tewas atau terluka, berbaring meringkuk di lantai masjid, video menunjukkan.

Reuters tidak dapat mengonfirmasi keaslian rekaman.

“Ini adalah salah satu hari paling gelap di Selandia Baru,” kata Perdana Menteri Jacinda Ardern.

“Jelas apa yang terjadi di sini adalah tindakan kekerasan yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.”

Baik Ardern maupun polisi tidak memberikan korban. Saksi mata mengatakan kepada media bahwa seorang pria berpakaian militer, pakaian kamuflase, dan membawa senapan otomatis sudah mulai menembak orang secara acak di masjid Al Noor.

Tim kriket Bangladesh tiba untuk salat Jumat ketika penembakan terjadi tetapi semua anggota selamat, kata seorang pelatih tim kepada Reuters.

Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan “sejauh yang kami tahu” beberapa kematian terjadi di dua masjid. Polisi memiliki satu orang dalam tahanan tetapi mereka tidak yakin jika yang lain terlibat, dan orang-orang harus menjauh dari masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here