Selandia Baru Buru Penembak Jemaah Jumat di Masjid

0
47
Brenton Tarrant
Penembakan di Masjid New Zealand (foto : Reuters)

STARJOGJA.COM, Dunia – Polisi Selandia Baru sedang berburu “seorang penembak aktif” di pusat kota Christchurch pada hari Jumat setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah masjid yang menimbulkan beberapa korban.

Seorang saksi mengatakan kepada media, bahwa seorang pria berpakaian militer, pakaian kamuflase, dan membawa senapan otomatis telah mulai menembak orang secara acak di masjid.

“Situasi serius dan berkembang sedang terjadi di Christchurch dengan penembak aktif,” kata Komisaris Polisi Selandia Baru Mike Bush kepada Reuters Jumat (15/3/2019).

Baca Juga : Polisi Tangkap Pelajar Pelaku Penembakan Mobil Warga

“Polisi merespons dengan kemampuan penuh untuk mengelola situasi, tetapi lingkungan risiko tetap sangat tinggi.”

Tim kriket Bangladesh akan melakukan sholat Jumat di masjid, Masjid Al Noor, ketika penembakan itu terjadi tetapi semua anggota selamat, kata seorang pelatih tim kepada Reuters.

Media melaporkan bahwa seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke dalam masjid di distrik Hagley Park, Christchurch. Ada laporan polisi bersenjata di masjid kedua di pinggiran Linwood.

Orang-orang di pusat kota diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah. Semua sekolah dan gedung-gedung dewan kota Christchurch juga telah dikunci. Belum ada konfirmasi resmi tentang korban.

Informasi yang dihimpun tembakan telah dilakukan di dekat sebuah masjid dan seorang saksi mata melihat tiga orang terbaring di tanah, berdarah di luar gedung.

“Ngeri mendengar penembakan di masjid Christchurch. Tidak pernah ada pembenaran untuk kebencian semacam itu, ”kata Amy Adams, anggota parlemen dari Christchurch.

Tim kriket Bangladesh berada di Christchurch untuk menghadapi Selandia Baru dalam tes kriket ketiga yang dimulai pada hari Sabtu.

“Mereka berada di dalam bus, yang baru saja tiba di masjid ketika penembakan dimulai,” Mario Villavarayen, pelatih tim kriket Bangladesh.

“Mereka terguncang tapi bagus.”

Sensus 2013 menunjukkan jumlah Muslim hanya sekitar 1 persen dari populasi Selandia Baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here