Kab GunungkidulNews

12 Kecamatan Terdampak Hujan Deras di Gunungkidul

0
Banjir gunungkidul
Kerusakan Pantai Baron ( FOTO : SARSATLINMAS)

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – 12 kecamatan terdampak kena banjir dan longsor di Gunungkidul. Bencana itu membuat beberapa kerusakan di rumah penduduk juga fasilitas umum. Wilayah terdampak paling parah ada di Kecamatan Saptosari.

Banjir di Pantai Krakal

Surisdiyanto, Koordinator TRC BPBD Gunungkidul menjelaskan banjir terjadi di Kecamatan Purwosari, Semanu, Panggang, Tepus, Playen, Tanjungsari. Hujan juga memicu longsor di kecamatan Patuk. Selain itu ada pula angin kencang di Playen yang mengakibatkan pohon tumbang. Sejumlah warga dilaporkan mengungsi.

” Wilayah paling parah terjadi Kecamatan Saptosari. Di Pantai Ngrenehan ada 5 kapal hilang, 2 kapal 2 hancur,3 patah dan bangunan SAR rusak serta beberapa lapak terbawa banjir pada minggu malam,” jelas Suris dalam program Lintas Informasi Star Jogja FM, Senin (18/03/2019).

Baca juga : BPBD Gunungkidul Minta Warga Waspadai Longsor

Ia juga menjelaskan banjir juga merendam 2 sekolah yakni SMK 1 Pelayaran Saptosari dan SMP 3 Saptosari. Hingga Senin Siang, Air masih menggenangi dua sekolah itu dengan ketinggian 1-1,5 meter.

” Bersama sekolah, kami berusaha menyelamatkan peralatan mengajar yang terendam agar tidak semakin rusak,” jelasnya.

Menurutnya, masih ada puluhan KK yang mengungsi karena rumahnya tergenang air. Mereka ada di 3 titik pengungsian

“Sementara data yang masuk tidak ada korban jiwa, hanya harta. Sejumlah titik yang airnya sempat tinggi pun mulai surut,” katanya.

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan 19 Kejadian Longsor di Kulonprogo

Previous article

Info Bendungan Kritis di DIY Dipastikan Hoax

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *