Kab KulonprogoNews

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan 19 Kejadian Longsor di Kulonprogo

0
siaga darurat
FOTO : Basarnas DIY

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Banjir dan Longsor melanda Kulonprogo pasca hujan deras di Hari Minggu (17/03/2019). Empat kecamatan di Kabupaten Kulon Progo yakni Panjatan, Wates, Sentolo, dan Temon, mengalami banjir. Sedangkan longsor terjadi di Kecamatan Kokap dan Girimulyo.

Kepala BPBD Kulonprogo Ariadi menjelaskan Banjir melanda setelah tanggul sungai Serang jebol karena tak mampu menahan derasnya debit air sungai setelah diguyur hujan hampir sehari semalam

“Sejumlah 580 warga mengungsi di 6 titik pos penampungan,” jelas Ariadi saat berbincang bersama Star Jogja FM, Senin Siang (18/03/2019).

Baca juga : BPBD kulonprogo waspadai ancaman banjir dan longsor

Ia juga menjelaskan ada 19 kejadian longsor di Kecamatan Kokap, Girimulyo, Samigaluh dan Nanggulan. Longsor menimpa rumah dan menutup akses jalan.

” Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” terang Ariadi.

Untuk penanganan banjir, Balai besar wilayah sungai serayu opak sudah mempebaiki tanggul dengan menutup kerusakan dengan menggunakan seat belt dan diurug tanah secara permanen.

” Awalnya ada 650 jiwa mengungsi.Namun sebagian sudah kembali ke rumah. Sampai siang ini, masih ada 537 warga yang mengungsi di Stadion Cangkring Wates,” jelasnya.

1.568 Jiwa Terdampak Banjir di Purworejo

Previous article

12 Kecamatan Terdampak Hujan Deras di Gunungkidul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *