Kab SlemanNews

Info Bendungan Kritis di DIY Dipastikan Hoax

0
Sesar Opak
Logo BMKG

STARJOGJA.COM.JOGJA – BMKG DIY mengklarifikasi kabar hoax yang menyebutkan badai mengakibatkan debit air bendungan melebihi batas aman. Info Bendungan Kritis di DIY Dipastikan Hoax.

Diketahui Pada tanggal 17 Maret 2019 beredar berita melalui media sosial yang mengatasnamakan BMKG DIY dengan isi sebagai berikut:

” Info dr BMKG @DIY akan tjd badai dr tgl 17 sd 20, puncak badai tgl 18-19 dan akan berakhir tgl 20, kekuatan angin mencapai 45 knots, monggo yg punya pohon bsr d mulai rapuh segera ditebang saja demi keamanan bersama d info di bbrp Bendungan mulai sore ini debit air sdh melebihi batas aman d dlm status siaga, hati² d waspada Lurrr dimanapun qt berada [jgn terlalu pules istirahatnya malam ini”

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Reni Kraningtyas, dalam keterangan tertulisnya, menyatakan bahwa berita tersebut adalah hoax karena bukan bersumber dari BMKG.

” Berita tersebut tidak benar atau tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” tegas Reni.

Reni menjelaskan, bahwa hujan kategori sangat lebat di DIY yang turun selama 1 hari (17 Maret 2019) telah menimbulkan banjir di wilayah Bantul dan Kulon Progo. Pengukuran curah hujan di Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta mencapai 107 mm.

Analisis dinamika-atmosfer berdasarkan streamline 17 Maret 2019 pukul 07.00 WIB, menunjukkan aktifitas TC Savannah di Samudera Hindia merupakan salah satu faktor yang berperan secara tidak langsung terhadap pembentukan awan-awan hujan di Jawa karena membentuk palung tekanan udara rendah (trough) memanjang dari pusat siklon hingga wilayah Jawa.

Reni menghimbau masyarakat untuk memastikan informasi yang beredar kepada pihak BMKG. Menurutnya, informasi itu benar jika adanya logo BMKG serta isi berita disertai analisis meteorologi dengan menyebut sumber data analisis serta terdapat tempat/tanggal realese dan pejabat BMKG DIY yang berwenang.

Masyrakat diminta Tidak menyebarkan berita yang diterima sebelum memastikan berita tersebut adalah benar atau valid dan bersumber dari BMKG.

12 Kecamatan Terdampak Hujan Deras di Gunungkidul

Previous article

Dinas Kebudayan Sleman Dorong BCB Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman