FeatureKab Bantul

Kabupaten Bantul jadi Wilayah Paling Terdampak Hujan

0
Kabupaten Bantul
Pusdalops DIY

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Hujan deras yang melanda Kabupaten Bantul Minggu (17/3) siang hingga malam membuat 13 kecamatan terdampak banjir genangan. Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan banjir yang menggenangi permukiman penduduk maupun akses jalan ini akibat luapan sungai.

“Terkait dampak bencana banjir yang terjadi sejak kemarin (Minggu) sore sampai hari ini (Senin) ada 13 kecamatan di 36 desa yang terkena dampak banjir,” katanya kepada Antara, Senin (18/3/2019).

Menurutnya, tipikal banjir di Bantul itu langsung surut setelah beberapa jam kemudian. Beberapa desa yang dikabarkan terkena dampak banjir terparah di wilayah Kecamatan Imogiri dan Pleret serta Sewon, kemudian kecamatan di wilayah selatan yang merupakan hilir atau tempat mengalirnya air sungai.

Baca Juga :2.235 kk di Bantul rawan terdampak bencana

“Dan sekarang gilirannya (banjir) di wilayah selatan Bantul seperti Kretek, Sanden dan Srandakan, kalau kemarin (17/3) malam ada di Sewon, Imogiri dan sekitarnya, sekarang berjalan ke arah selatan,” katanya.

Dwi mengatakan, dari kejadian banjir tersebut mengakibatkan seorang warga Numpukan Desa Karangtengah Imogiri meninggal, yaitu Bu Painem berusia 70 tahun, namun karena fakfor usia dan sudah mengalami sakit juga menjadi penyebabnya.

“Kemudian yang kedua di Kedung Buweng Wukirsari ini ada empat orang yang tertimbun tanah longsor, satu ketemu meninggal, yang satu selamat, sementara yang dua orang masih dalam proses pencarian,” katanya.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD DIY update 18 Maret 2019 Pukul 14.45 WIB wilayah terdampak paling banyak terdapat di Kabupaten Bantul meliputi 37 Desa tersebar di 15 Kecamatan longsor terjadi di 12 desa tersebar di 8 Kecamatan

“Sampai saat ini terdapat 11 titik pos evakuasi dengan jumlah penyintas sebanyak 4427 Jiwa.”

Pusdalops merilis terdapat 3 jiwa masih dalam pencarian sedangkan dan 2 jiwa korban meninggal dunia  Sudiatmojo, 80 th, alamat Padukuhan Panjimatan Wukirsari Imogiri, Ibu painem, 70+ th, alamat Numpukan RT 7 RW 14 Karangtengah, Imogiri.

“Nama korban hilang Eko Supadmi (Pajimatan Rt.02 Kedungbuweng, Wukirsari Imogiri), Rutfi (Pajimatan Rt.02 Kedungbuweng, Wukirsari Imogiri), belumdiketahui (Seloharjo, Pundong).”

“Masih berlangsung operasi pencarian yang berlokasi di Kedungbuweng, Imogiri yang diperkirakan 2 orang masih tertimbun serta di Seloharjo, Pundong yang di perkirakan masih terdapat 1 Korban diduga masih tertimbun.”

Bayu

Dinas Kebudayan Sleman Dorong BCB Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Previous article

62 ha Lahan Tanaman Bawang Merah Bantul Terdampak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature