Kab SlemanNews

Peninggalan Bangunan Candi Hindu ditemukan di Gaten Tempel

0
Salah satu temuan situs di Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman yang diperkirakan bangunan candi Hindu
Salah satu temuan situs di Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman yang diperkirakan bangunan candi Hindu ( FOTO : Disbud Sleman)

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Dinas kebudayaan Sleman melakukan cek lokasi terkait penemuan Batuan andesit di sekitar lokasi pemakaman umum Dusun Gaten, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Sleman. Temuan tersebut diperkirakan peninggalan bangunan candi Hindu

Kepala Disbud Sleman Aji Wulantara mengatakan cukup banyak ditemukan bebatuan yang merupakan bagian dari bangunan candi di areal makam tersebut.

“Batu-batu itu biasanya didapat saat menggali makam. Dulu Pernah juga ditemukan arca ganesha tapi diketahui sudah dijual,” jelas Aji kepada Starjogja.com, Selasa (19/3).

Baca juga : Dinas Kebudayan Sleman Dorong BCB Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Selain patung ganesha, Aji menjelaskan warga juga menemukan satu lagi arca yang disebut sebagai arca berhala. Untuk sementara, temuan batu relief itu disimpan di tempat penampungan yang ada di daerah Seyegan.

Mengutip penuturan warga, Aji menyebut masih terdapat beberapa batuan yang terpendam di dalam tanah, dan sebagian dijadikan dasar batu nisan. Temuan batuan itu diidentifikasi sebagai bagian atap berupa kemuncak, dan bagian atas berupa antefik. Lainnya adalah pelipit polos dan pelipit berukir, serta batuan isian candi.

“Kesimpulannya, temuan tersebut diperkirakan bangunan candi bercorak agama Hindu,” imbuh Aji.

Pihaknya menyambut gembira atas penemuan cagar budaya ini. Hal itu menunjukkan adanya kekayaan purbakala yang masih tersembunyi di Sleman. Dia pun meminta masyarakat untuk memberikan informasi jika menemukan benda yang diduga cagar budaya.

Proyek Underpass Kentungan Berdampak Kondisi Jalanan

Previous article

PLN Ikut Amankan Pemilu 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman