Flash Info

Tari Haka Selandia Baru Hormati Korban Penembakan

0
tari Haka
Tari haka dialkukan geng motor di depan masjid Al noor (Reuters)

STARJOGJA.COM, Dunia – Anggota geng saingan Selandia Baru berkumpul dalam persatuan pada hari Rabu untuk menampar paha mereka, memukul dada mereka dan menjulurkan lidah mereka dalam tradisional Haka Maori atau tari Haka untuk memperingati para korban penembakan massal minggu lalu di Christchurch, Selandia Baru.

Tari Haka telah bergema tidak hanya di sekitar Christchurch, kota terbesar di Pulau Selatan Selandia Baru, tetapi di seluruh negeri dan di seluruh dunia, ketika diaspora multi-budaya Selandia Baru berusaha untuk menghormati orang mati dan tetap terhubung dengan tanah air mereka.

Biasanya musuh, anggota gerombolan Mongrel, Black Power dan gerombolan jalanan Bandidos melakukan haka di luar masjid Al Noor, di mana sebagian besar 50 korban dibunuh oleh seorang pria bersenjata selama shalat Jumat pekan lalu.

Baca Juga : Jangan Sebar Video Penembakan di Selandia Baru

“Kami datang ke sini karena menghormati yang jatuh, dan itulah sebabnya kami melakukan haka, itu tanda hormat,” Hamish Hiroki, presiden nasional geng motor Bandidos, mengatakan kepada Reuters Rabu (20/3/2019).

“Itu adalah Ngai Tahu haka karena itu suku di sekitar sini. Ini digunakan untuk hampir semua kesempatan. “

Perdana Menteri Jacinda Ardern disambut dengan Tari Haka oleh para siswa di Sekolah Tinggi Cashmere pada hari Rabu, tak lama sebelum salah satu teman sekelas mereka adalah salah satu korban pertama yang dikuburkan.

Siswa-siswa di sekolah Muslim terbesar Selandia Baru di Auckland juga melakukan ‘Ka Mate’ haka, yang dipopulerkan oleh tim rugby All Blacks, dalam demonstrasi tempat dan pentingnya budaya Maori di negara itu.

Bukan Tarian Perang

Sementara All Blacks telah membawa perhatian dunia ke tari Haka, itu telah disalahartikan sebagai “tarian perang” atau tantangan karena secara tradisional dilakukan sebelum pertandingan.

Dalam budaya Maori, bagaimanapun, itu berarti hanya menari atau melakukan, dan haka yang berbeda disusun oleh suku yang berbeda untuk berbagai keperluan dan kesempatan.

Pakar tari Haka, Te Kahuata Maxwell, mengatakan bahwa yang dilakukan selama sepekan terakhir adalah respons terhadap trauma yang dirasakan masyarakat.

“Ini adalah cara orang Maori dalam menghadapi kematian, ini cara orang Maori untuk mengekspresikan kesedihan, itu adalah cara orang Maori untuk mengekspresikan cinta. Haka adalah cara Maori menunjukkan dukungan, haka adalah bagian dari duka Maori, ”Maxwell, yang merupakan profesor rekanan di Universitas Waikato.

Hak Mate Ka Mate ’, yang merupakan yang paling dikenal di dunia, disusun oleh kepala Ngati Toa, Te Rauparaha pada sekitar tahun 1820 sebagai perayaan hidup atas kematian.

Ini telah dikaitkan erat dengan rugby Selandia Baru sejak tim “Penduduk Asli” 1888 tidak resmi berkeliling Inggris.

Latihan ini diadopsi oleh tim olahraga dari semua jenis dan sering dilakukan di pemakaman, pernikahan dan acara besar lainnya.

Pengunjung Museum Dewasa Muda Yogyakarta Rendah

Previous article

DLH Kota Jogja akan Masyarakatkan Tas Plastik Organik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info