Kota JogjaNews

Menkominfo : Media Harus Ikut Bela Negara

0
Menkominfo
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberikan sambutan saat pembukaan Workshop di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/3). (Foto: Humas Kominfo)

STARJOGJA.COM.JOGJA – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyebut Media Harus Ikut Bela Negara. Bela negara merupakan kewajiban bagi semua warga negara termasuk pekerja media.

Di tengah perkembangan teknologi, Ia menyebut bela negara bukan hanya secara fisik namun juga dengan non fisik. Apalagi dengan era digital yang pesat kemajuanyabisa berakibat positif dan negatif. Efek dari perkembangan teknologi yang negatif adalah hoaks.

” Di kondisi ini, peran media sangat penting. Peran jurnalis sangat penting untuk bisa menangkal hoaks. Ini juga salah satu bentuk bela negara di dunia digital,” katanya dalam workshop Pendidikan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Pekerja Media Nasional di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) komplek Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (27/3/2019).

Menurut Rudiantara hoaks sendiri bisa bermacam-macam, bisa fitnah, adu domba dan berita bohong. Untuk yang melempar hoaks bukan hanya orang Indonesia namun juga ada kepentingan asing, terutama yang tidak senang Indonesia menjadi besar dan ingin memecah belah persatuan.

” Jangan mau diadu-adu, emang kita jangkrik,” tegasnya.

Rudi menyebutkan Upaya penanganan dan penanggulangan hoaks memang telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo. Ada patroli siber Tim AIS yang melakukan verifikasi dan klarifikasi. Selain itu juga melakukan pendidikan atau literasi kepada masyarakat dengan Program Miss Lambe Hoaks. Hasil pantauan Tim AIS, selama Februari 2019 menemukenali 353 isu hoaks.

” Tiga besar konten hoaks berkaitan dengan politik, pemerintahan, dan kesehatan,” jelasnya.

Malioboro KulineRUN Kembali Digelar 7 April 2019

Previous article

Palapa Ring Wujudkan Internet Cepat di Seluruh Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja