Flash Info

Moment Ribuan Orang Hening di Masjid Selandia Baru

0
Selandia Baru virus corona
puluhan berkumpul saat akan di Selandia baru usai terjadi teror penembakan. credit : Reuters

STARJOGJA.COM, Dunia – Ribuan orang berdiri diam di taman Christchurch pada hari Jumat ketika nama 50 orang yang ditembak mati di dua masjid Selandia Baru dibacakan di sebuah upacara peringatan nasional. Upacara dengan moment ribuan orang hening itu untuk menjadikan Selandia Baru yang lebih ramah, lebih toleran.

Lusinan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia bergabung dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Hagley Park, dekat masjid Al Noor di mana lebih dari 40 korban tewas selama sholat Jumat pada 15 Maret. Peringatan nasional itu menjadi moment ribuan orang hening di Selandia Baru.

“Tantangan kami sekarang adalah membuat yang terbaik dari kami menjadi kenyataan sehari-hari. Karena kita tidak kebal terhadap virus kebencian, dari ketakutan, dari yang lain. Kami belum pernah,” kata Ardern, yang penanganan tragedinya mendapat pujian global dikutip dari Reuters Jumat (29/3/2019).

Baca Juga : Tari Haka Selandia Baru Hormati Korban Penembakan

“Tapi kita bisa menjadi bangsa yang menemukan obatnya. Dan bagi masing-masing dari kita saat kita pergi dari sini, kita memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, ”katanya.

Ardern, yang mengenakan jubah Maori yang dikenal sebagai kakahu selama kebaktian, mengatakan dunia harus mengakhiri lingkaran setan ekstremisme dan membutuhkan upaya global.

“Jawabannya terletak pada konsep sederhana yang tidak terikat oleh perbatasan domestik, yang tidak didasarkan pada etnis, basis kekuatan atau bahkan bentuk pemerintahan. Jawabannya ada pada kemanusiaan kita,” katanya.

Pihak keamanan melakukan tugasnya dengan ketat saat menjaga moment ribuan orang hening. Komisaris Polisi Mike Bush mengatakan itu adalah salah satu acara keamanan terbesar yang pernah dilakukan oleh polisi di Selandia Baru.

Taman Indah

Farid Ahmed, yang istrinya Husna adalah salah satu dari 50 yang terbunuh, mengatakan kepada orang banyak bahwa, sebagai seorang beriman, ia telah mengampuni pembunuh istrinya karena ia tidak ingin memiliki “hati yang mendidih seperti gunung berapi”.

“Saya ingin hati yang penuh cinta dan perhatian, penuh belas kasihan dan akan mudah memaafkan, karena hati ini tidak ingin ada nyawa lagi yang hilang,” katanya.

Dia menyerukan orang-orang untuk bekerja bersama demi perdamaian dan mengubah sikap untuk melihat semua orang sebagai bagian dari satu keluarga. Ia menggunakan julukan Kota Garden di Christchurch untuk menegaskan pendapatnya.

“Saya mungkin berasal dari satu budaya, Anda mungkin berasal dari budaya lain, saya mungkin memiliki satu keyakinan, Anda mungkin memiliki satu keyakinan, tetapi bersama-sama kita adalah taman yang indah,” kata Ahmed.

Kelly Smith, 52, dari Auckland, kota terbesar di Selandia Baru, mengatakan bahwa dia menganggap pidato Ahmed indah

“Saya menyukai apa yang dia katakan: kita semua bunga yang berbeda, tetapi kita semua terlihat cantik bersama dan itu sangat benar,” katanya.

Upacara ini juga dihadiri Yusuf Islam atau dikenal sebagai Cat Stevens, yang membawakan lagunya “Peace Train”.

Lalu, ada dua gadis muda yang tidak dijadwalkan naik ke panggung ingin agar orang bisa membacakan nama ayahnya.

“Dia meninggal pada 15 Maret dan dia pria yang sangat baik,” kata salah satu gadis tak dikenal.

Mohamed Mohideen, Presiden Dewan Islam Victoria di Australia menanggapi respon Ardern dalam membantu memberikan kenyamanan dan berterima kasih atas dukungannya terhadap komunitas Muslim.

Pembantaian di masjid Selandia Baru dilakukan oleh seorang pria bersenjata yang secara langsung menyiarkan serangan di Facebook. Brenton Tarrant warga Australia, 28, telah didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan dan kemungkinan akan menghadapi lebih banyak tuduhan ketika dia muncul kembali di pengadilan Jumat depan.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan dia telah bekerja sama dengan Ardern untuk melihat isu-isu seperti undang-undang senjata dan memblokir konten ekstremis di media sosial.

“Ada undang-undang yang kita butuhkan sekarang, untuk memastikan bahwa media sosial tidak dipersenjatai,” kata Morrison kepada wartawan.

Bayu

Meghan Markle Pilih Yoga Bayi atau Hypnobirthing

Previous article

Bawaslu DIY Jaga Pemilu Ramah Anak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info