JogjaKUSejarah

Sendang Seliran, Tempat Bersih Diri Peziarah Makam Raja-Raja Mataram

0
FOTO : Jogja Budaya

STARJOGJA.COM. JOGJA – Di sebelah komplek Pasarean Mataram Kotagede juga terdapat sendang seliran atau tempat pemandian yang masih digunakan hingga sekarang. Sendang Seliran Tempat Bersih Diri Peziarah Makam Raja-Raja Mataram

Sendang Selirang merupakan bangunan cagar budaya peninggalan Panembahan Senopati, Raja Mataram Islam. Terletak di kompleks Makam Raja Mataram Kotagede Yogyakarta, sendang ini terdri atas 2 area sendang, yaitu sendang kakung di bagian barat dan sendang putri di bagian selatan.

Dikutip dari Sendang Kakung, berasal dari mata air yang mengalir tepat di bawah makam dan masuk melalui lubang saluran di bawah sendang sebelah utara. Sendang Putri bersumber dari bawah pohon beringin yang terletak di jalan menuju kompleks.

Sendang Selirang terletak di kompleks makam Kotagede, tepatnya di selatan makam. Kira-kira 300 meter sebelah utara situs Watu Gilang dan Watu Gatheng atau di sebelah selatan pasar Kotagede. Antara makam dan sendang dihubungkan oleh sebuah gapura, dan tanah tempat sendang ini berada, konturnya lebih rendah dibanding makam. Sehingga jika kita akan masuk area sendang, terlebih dahulu harus menuruni undak-udakan setelah melewati gapura atau pintu masuk.

Menurut salah satu kuncen (juru kunci) di sana, air yang terdapat di sendang berasal dari mata air yang mengalir tepat di bawah makam dan masuk melalui lubang saluran di bawah sendang sebelah utara (Sendang Kakung). Banyak ikan yang hidup di sendang ini, diantaranya ikan lele berwarna putih yang panjangnya hampir 1 meter.

Kawasan Kali Waras Jadi Ruang Terbuka Hijau

Previous article

Bawaslu Gunung Kidul Awasi Uang Transport Tunai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU