Flash Info

Jokowi Unggul di Indopol Survey Terbaru

0
Fahri Hamzah
jokowi ke hutan pinus Mangunan Bantul (foto: Bayu)

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Ma’ruf Amin melalui survei akhir Indopol Survey & Consulting unggul di angka 47,7 persen dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada pada angka 25 persen. Survey itu dilakukan mulai 5 hingga 11 April 2019 dengan jumlah responden 1.450.

Sementara yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 23 persen dan yang belum menentukan pilihan sebesar 4,3 persen.

“Artinya, peta ini menggambarkan Jokowi-Ma’ruf unggul cukup jauh dengan selisih 22,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Indopol Survey & Consulting Ratno Sulistiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Minggu dini hari seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga :Anak Milenial Harus Melek Politik Pilpres 2019

Menurut Ratno, sikap politik yang masih merahasiakan pilihan mengarah pada adanya silent voters yang selalu ada dalam setiap pemilu dan menentukan pada waktu-waktu terakhir (injury time).

Angka 23 persen reponden yang masih merahasiakan dapat dianalisis dengan berbagai metode, salah satunya dengan pendekatan distribusi partai politik yang didukung.

Dari analisis terhadap silent voters didapatkan hasil bahwa pemilih yang terdistribusi di partai koalisi Jokowi-Ma’ruf sebesar 5 persen dan partai koalisi Prabowo-Sandi sebesar 12 persen, sementara 6 persen masih tetap merahasiakan pilihannya.

“Artinya, dengan metode ini, kita bisa menyimpulkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan agregrat dukungan sebesar 52,7 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 37 persen dengan selisih sebesar 15,7 persen. Selain itu, 6 persen tetap merahasiakan pilihannya dan 4,3 persen belum menentukan pilihan,” ucapnya.

Survei yang dilakukan pada tanggal 5 s.d. 11 April 2019 itu menggunakan metode survei dengan data kuantitatif bersumber dari survei pendapat masyarakat dengan intrumen kuesioner.

Pengambilan sampel dengan cara multistage random sampling dengan jumlah responden tiap provinsi di Indonesia diambil secara proporsional berdasarkan jumlah DPT Pilpres 2019.

Penentuan responden dilakukan secara random sistematis dengan kriteria responden adalah mereka yang berumur 17 tahun atau sudah menikah.

Responden berjumlah 1.450 dengan responden rate sebesar 1.350 orang dengan margin error ± 2,6 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen (Slovin) dengan cara tatap muka.

Pemilu di Sri Lanka Berjalan Lancar

Previous article

4 Caleg Bantul Dicoret, Kenapa ?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info