Template Tuna Netra Bantu Pilih Pilpres dan DPD

0
9
Template Tuna Netra

STARJOGJA.COM.JOGJA – Template Tuna Netra Bantu Pilih Pilpres dan DPD. Keberadaan template tuna netra untuk Pilpres dan DPD sangat membantu warga berkebutuhan khusus pada pemilu tahun ini.

Suripto, Penyandang tuna netra mengatakan Pemilu tahun ini baginya cukup mudah dilaksanakan dengan adanya template tuna netra untuk Pilpres dan DPD, untuk lembar pileg cukup menyulitkan karena ketiadan template.

“Untuk pilpres sangat membantu.tapi saya sulit saat memilih di pileg,” jelasnya usai memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 di TPS 027 Danunegaran, Mantrijeron, Jogja, Rabu (17/04/2019).

Senada, Siti Sa’adah, mengaku Keberadaan template tuna netra untuk Pilpres dan DPD sangat membantu warga berkebutuhan khusus pada pemilu tahun ini, selebihnya kesulitan memilih dapat diatasi dengan keberadaan pendamping yang dapat berasal dari keluarga.Ia menggunakan suaranya di TPS 027 Danunegaran, Mantrijeron, Jogja.

BACA JUGA : Sosialisasi Pemilu Warga Disabilitas Belum Maksimal

Sebelumnya , Kepala Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Nur Syariah mengatakan pihaknya hanya menyediakan template huruf braille untuk surat suara Pemilihan Pilpres dan Pileg DPD bagi penyandang disabilitas tuna netra. Template ini digunakan untuk memudahkan penyandang disabilitas tuna netra memudahkan pencoblosan pada hari pemungutan suara, 17 April 2019.

Nur mengakui bahwa pihaknya tidak menyediakan template braille bagi penyandang disabilitas untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Pasalnya, jumlahnya terlalu banyak, sementara anggaran KPU juga masih terbatas dan sulit memenuhi penyediaan template braille untuk pemilihan DPR dan DPRD tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here