FeatureNews

Tim Garuda UNY Siap Ikuti Shell Eco Marathon Asia 2019

0
Tim Garuda UNY
Tim Garuda UNY berpamitan ke Rektor UNY (Tim Garuda UNY)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Tim Garuda UNY akan mengikuti Shell Eco Marathon Asia 2019 di Sirkuit Sepang Malaysia pada 28 April hingga 4 Mei 2019. Team manager Garuda UNY Muhammad Nurdin mengatakan  event ini merupakan kompetisi kendaraan irit bahan bakar yang diikuti oleh 150 tim dari berbagai negara seperti Jepang,China, Indonesia bahkan Selandia Baru.

Tim Garuda UNY tahun 2019 ini menggunakan kendaraan baru yang telah melalui serangkaian riset terutama dari sisi aerodinamisnya.

“Kami mendisain bodi baru yang lebih aerodinamis dan mengujinya di wind tunnel milik AAU,” katanya kepada Starjogja.com ditulis Sabtu 920/4/2019).

Baca Juga : Ini Cara Kerja Alat Pengukur Kelembaban Otomatis Karya UNY

Nurdin mengatakan hasil uji coba mobilnya cukup signifikan saat uji gelinding dari ketinggian tertentu di Stadion Maguwoharjo Sleman,rolling force kendaraan UNY mencapai 500 meter.  Padahal sebelumnya tahun 2018 hanya
mencapai 300 meter.

Selain itu menurut Nurdin pemakaian bahan bakar juga makin irit yang mencapai 440 km/liter pada kecepatan tinggi yang sebelumnya hanya 270 km/liter.

“Hasil yang lebih baik ini juga setelah dilakukan rangkaian riset pada mesin yang digunakan,” ujarnya.

Mahasiswa pendidikan teknik otomotif FT UNY tersebut menargetkan tim Garuda UNY pada tahun ini berhasil meraih juara pertama pada jarak tempuh yang dicapai serta meloloskan driver dalam Driver World Championship di London. Selain itu juga ditargetkan meraih Off Track Award dalam bidang Safety Award dimana mereka telah meraihnya pada tahun 2018.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa merestui keberangkatan tim Garuda UNY ke Malaysia untuk mengikuti Shell Eco Marathon Asia 2019 dan berkata agar para peserta tetap percaya diri dalam perlombaan ini.

“Percaya diri itu penting, apalagi didukung oleh research and development anda akan bisa memberi yang terbaik” kata Rektor.

Rektor berpesan agar peserta menjaga nama baik negara, bangsa dan universitas dalam perlombaan ini.

Potret Selama Pekan Suci di Andalusia Spanyol

Previous article

Adele Resmi Berpisah dengan Kekasihnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature