Flash Info

Orang Thailand Percaya dengan Astrologi

0
aksi protes thailand
Reuters

STARJOGJA.COM, Dunia – Pertanyaan soal apakah pekerjaannya cocok dan hubungan percintaannya mulus, Jarunun Sangjun, 27, melakukan apa yang biasa dilakukan orang Thailand: mencari peramal untuk mendapatkan nasihat. Peramal, yang memiliki meja didirikan di sisi jalan dekat sebuah kuil di Bangkok, menanyakan tanggal dan waktu kelahirannya sebelum membuat grafik horoskop.

“Bintang-bintang mengatakan tahun ini Anda akan berganti pekerjaan, memulai hubungan baru,” kata peramal yang dikenal sebagai Ajarn Jamras, yang mengatakan ia telah berlatih selama 30 tahun kepada Reuters Senin (22/4/2019).

Ramalan pinggir jalan adalah dunia yang jauh dari persiapan rumit Thailand untuk acara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn Tanggal 4 Mei 2019.

Baca Juga : Hakeem Al Araibi Ditahan Thailand Tiba di Melbourne

Tapi astrologi memainkan peran penting dalam upacara penobatan minggu ini ketika raja juga akan memiliki horoskop.

Peristiwa penobatan utama dari 4 hingga 6 Mei akan menjadi yang pertama di negara tersebut sejak ayah Vajiralongkorn, Raja Bhumibol Adulyadej, dimahkotai pada 5 Mei 1950. Dia telah memerintah selama tujuh dekade sebelum meninggal pada Oktober 2016.

Budaya Thailand penuh dengan astrologi dan bentuk ramalan lainnya, seperti membaca garis tangan, kartu tarot, dan Feng Shui, yang semuanya duduk dengan nyaman dalam merek agama Buddha di negara itu.

Banyak warga Thailand, seperti Jaranun pergi ke peramal untuk segalanya, mulai dari bimbingan tentang karier dan cinta hingga menentukan tanggal untuk acara-acara penting dalam kehidupan seperti pernikahan dan usaha bisnis.

Pada hari Selasa, astrolog kerajaan di Kuil Buddha Zamrud Bangkok akan menuliskan judul baru raja dan horoskop untuk pemerintahannya di atas piring emas. Ahli astrologi pengadilan secara tradisional membuat prediksi tentang masa depan pada setiap transisi penting dalam sejarah bangsa.

“Dengan menunjukkan horoskop, Anda benar-benar menunjukkan kepada mereka yang dapat membacanya bahwa ini adalah raja yang sah dan ini akan menjadi pemerintahan yang makmur,” kata Edoardo Siani, pakar astrologi Thailand dan antropolog Thailand di Universitas Kyoto Jepang.

Astrologi Thailand berasal dari praktik-praktik Brahmanis di istana dan tidak seperti di Barat, ini bukan semata-mata tentang keberpihakan planet tetapi juga menyangkut numerologi dan pertanda.

Orang Thailand didesak untuk mengenakan pakaian kuning dari Mei hingga Juli, atau dari penobatan raja hingga ulang tahunnya. Kuning membawa arti penting di Thailand karena itu adalah warna Senin, hari dimana raja dan ayahnya dilahirkan, dan juga warna Matahari, yang mewakili raja di kosmos.

Orang Thailand sudah aktif memakai warna tertentu pada hari-hari tertentu untuk menyelaraskan dengan planet yang mereka wakili, percaya itu akan membawa keberuntungan. Mereka juga mencari angka di tempat-tempat tak dikenal seperti batang pohon dan awan, yang diyakini sebagai tanda dari alam semesta, sebelum membeli tiket lotre.

Ramalan di Thailand juga banyak diresapi dengan konsep karma Buddhis, yang menentukan bahwa ketika orang melakukan perbuatan baik atau buruk, alam semesta akan memperlakukan mereka kembali dengan cara yang sama. Ini membuat peramalan dalam budaya Thailand lebih dari sekedar melihat masa depan, tetapi juga memiliki agensi untuk mengubahnya, kata Siani.

“Semuanya tergantung pada karma positif atau negatif, dan dengan terlibat dalam praktik seperti merit, Anda mungkin selalu berharap untuk mengubah ramalan negatif,” katanya.

“Melihat masa depan hanyalah bagian pertama. Layanan seorang spesialis juga tentang menyediakan teknik untuk berurusan dengan kekayaan yang bermasalah, atau dengan meningkatkan keberuntungan. “

Beberapa peramal seperti Ajarn Jamras mengatakan bahwa itulah sebabnya mereka berada dalam bisnis ini, karena membantu orang adalah panggilan mereka. “Ajarn” dalam bahasa Thailand berarti “guru” dan digunakan sebagai gelar untuk menyampaikan rasa hormat.

Setelah Jarunun bertanya bagaimana soal hubungan terakhirnya berjalan mulus, Jamras menyuruhnya berdoa di sebuah kuil untuk Guan Yu – dewa Cina – di Chinatown, dan menahan diri dari makan daging pada hari Selasa atau hari kelahirannya.

“Saya di sini untuk menunjukkan kepada orang-orang jalan keluar dari kesengsaraan agar mereka dapat membuat hidup mereka lebih baik,” kata Jamras

UNBK SMP/MTs Sleman Berlangsung Lancar

Previous article

Caleg Gagal Disarankan Segera Periksa Kejiwaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info