Kota JogjaNews

Caleg Stres Bisa Dijamin BPJS

0
22 Mei

STARJOGJA.COM, JOGJA – Caleg yang gagal mendapatkan suara dan mengalami gangguan kejiwaan bisa mendapatkan jaminan dari BPJS sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Mereka bisa mendapatkan jaminan kesehatan BPJS, pihak Puskesmas akan memberikan rujukan kepada caleg yang mengalami gangguan jiwa ke faskes tingkat selanjutnya, seperti kalau di kota Jogja adalah rumah sakit Wirosaban,” kata dr Lana Unwanah dari Dinas Kesehatan Kota Jogja diacara Info Pagi Star Jogja, Rabu (24/4/2019).

Saat ini tahapan proses pesta demokrasi masih berjalan dan belum selesai. Namun demikian beberapa hasil perhitungan dari hasil hitung cepat sudah diperoleh.

Baca juga : Caleg Gagal Disarankan Segera Periksa Kejiwaan

Hasil perolehan suara yang tidak diharapkan oleh seorang caleg tentu akan mempengaruhi kejiwaan caleg tersebut. Untuk diketahui, gangguan psikologis dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu gangguan kecemasan, gangguan depresi, dan gangguan stres pasca trauma.

dr Lana Unwanah mengatakan gangguan kejiwaan yang dialami oleh seorang caleg kalau dikelola dengan baik maka tidak akan menimbulkan gangguan kejiwaan yang berat.

“Kalau bisa dikelola dengan baikgangguan stres yang dialami para caleg yang tidak terpilih ini tidak akan menimbulkan gangguan kejiwaan yang lebih berat, tetapi apabila tidak dikelola dengan baik potensi untuk terjadi gangguan jiwa yang berat bisa terjadi,” tambahnya.

Sementara disinggung mengenai ada tidaknya caleg yang saat ini mengalami gangguan kejiwaan atau potensi stres belum ada.

“Dari 18 puskesmas yang ada di kota jogja sampai saat ini belum ada laporan caleg yang mengalami gangguan kejiwaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama dr Iva yang membidangi program gangguan jiwa dari Dinas Kesehatan kota Jogja menyampaikan jika pihaknya juga menyediakan psikolog, dokter dan programer jiwa siap terjun ke wilayah kota Jogja.

“Tidak hanya psikolog tetapi juga dokter dan programer jiwa siap terjun ke wilayah kota Jogja jika dibutuhkan,” katanya.

Untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan jiwa para caleg yang gagal dan juga masyarakat secara keseluruhan mengalami gangguan kejiwaan akibat persaingan di pemilu 2019 ini dinas kesehatan Kota Jogja mengimbau seluruh elemen agar legowo menerima hasil pemilu.

Arif Mujiono

Masjid Margayuwana Jadi Tempat Beribadah Para Menteri di Masa Kemerdekaan

Previous article

Sri Purnomo Kunjungi Mantan Bupati Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja