Kab SlemanNews

Sleman Byar Sumunar Kenalkan Budaya Kepada Masyarakat

0
Festival Karawitan Perempuan

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Sleman Byar Sumunar jadi langkah konkrit Pemkab Sleman kenalkan budaya kepada masyarakat. Adapun festival yang diselenggarakan meliputi Festival Dolanan Anak, Festival Teater Tingkat Kabupaten, dan Festival Karawitan Perempuan Tingkat Kabupaten Sleman.

Bertempat di Lapangan Denggung, Rabu (24/4) Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman selenggarakan Festival Karawitan Perempuan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan festival tersebut merupakan rangkaian dari Sleman Byar Sumunar yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

” 17 grup Karawitan perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman. Adapun setiap grupnya terdiri dari 17 hingga 30 orang,” jelasnya.

BACA JUGA : Dinas Kebudayan Sleman Dorong BCB Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Aji Wulantara juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan Byar Sumunar Kabupaten Sleman tahun 2019 ini merupakan upaya Pemerintah kabupaten Sleman memperkenalkan budaya serta mewujudkan masyarakat sleman yang berbudaya.

Lanjutnya, Festival tersebut juga salah satu upaya Pemkab Sleman untuk memberikan ruang kepada perempuan di Kabupaten Sleman dalam mengekpresikan diri melalui kesenian karawitan.

“Saya berharap festival ini dapat menumbuhkan kecintaan kepada seni karawitan, dan terus melestarikan budaya di Kabupaten Sleman” katanya.

FOTO : Humas Pemkab Sleman

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemkab Sleman Musta’in Aminun mngapresiasi diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah mempertahankan kesenian. Terlebih menurutnya, Masyarakat internasional memiliki minat yang tinggi akan kesenian karawitan Indonesia.

“Masyarakat mancanegara saja sangat menghargai ingin belajar budaya karawitan gamelan ini, kita harus lebih mencintai budaya kita,” katanya.

Ia juga berharap melalui momentum tersebut dapat menjadi sarana untuk membangkitkan semangat pelestarian dan pengembangan Kesenian Karawitan.

Kepesertaan JKN-KIS Mencapai 96,31 persen

Previous article

Avengers : Endgame Cetak Rekor Penjualan Tiket Hari Pertama di China

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman