Kab SlemanNews

ARI Kenalkan Potensi Bencana Lewat Simulasi Siaga Bencana

0
ARI Kenalkan Potensi Bencana Lewat Simulasi Siaga Bencana

STARJOGJA.COM, SLEMANa.  Akademi Relawan Indonesia (ARI) gelar Pelatihan dan Simulasi Siaga Bencana untuk seluruh siswa SMA N 1 Depok, Sleman. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional,

Kegiatan diawali dengan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada setiap perwakilan kelas Pramuka Peduli dan PMR Sekolah. Siswa diberikan materi Potensi Bencana Yogyakarta, analisis resiko bencana di sekolah dan melakukan workshop pemetaan sekolah untuk pembuatan jalur evakuasi dan titik kumpul ( assembly point ).

Kepala ARI, Andri Perdana mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengurangan resiko bencana di saat jam kegiatan belajar mengajar.

” Sebagaimana kita ketahui Yogyakarta memiliki berbagai potensi bencana alam. Saat gempa di Bantul tahun 2006, itu terjadi diluar jam kegiatan belajar. Seandainya terjadi saat jam kegiatan belajar mengajar sekolah, potensi korban yang ditimbulkan lebih banyak” ujar Andri, Jumat ( 25/04).\

BACA JUGA : Darurat sampah, ARI Latih Warga Sulap Sampah Jadi Produk Bernilai Ekonomis

Setelah kegiatan pelatihan, seluruh perwakilan siswa kembali ke kelas untuk melakukan briefing dan simulasi siaga Bencana dengan mengarahkan seluruh siswa menuju titik kumpul (assembly point) melalui jalur evakuasi yang sudah. Pada sesi selanjutnya siswa juga mendapatkan pelatihan pemadaman kebakaran dengan menggunakan APAR ( Alat Pemadaman Api Ringan ) untuk antisipasi jika sewaktu waktu terjadi kebakaran di sekolah atau di rumah.

Wakil Kepala Sekolah Bid. Kemahasiswaan SMAN 1 Depok, Eko Yulianto, memberikan apresiasi kepada tim Akademi Relawan Indonesia, atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Besar harapan dari pihak sekolah agar program Tanggap Bencana ini terus berkelanjutan antara Akademi Relawan Indonesia dengan pihak sekolah di berbagai kesempatan” pungkas Eko.

Ayo ke Festival Kuliner Jajal Jajanan Sleman

Previous article

Bandara Yogyakarta International Airport Terluas Ketiga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman