Kab SlemanNews

Sleman Terapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE)

0
Tanda Tangan Elektronik (TTE)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sleman mulai terapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) . Penggunaan TTE diberlakukan pada dokumen kependudukan mulai hari Senin (29/4). Penerapan TTE ini dilakukan serentak di Dukcapil sleman serta di 17 Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Sleman.

Kepala Dukcapil Sleman, Jazim Sumirat menyampaikan bahwa penerapan TTE merupakan tindak lanjut dari amanat pasal 5 ayat (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring guna memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman.

“Tanda Tangan Elektronik pada penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran menggunakan QR (Quick Record) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel Dinas. Untuk mengetahui keabsahan/kevalidan data, bisa diketahui dengan memindai menggunakan QR Scanner.” Jelasnya.

BACA JUGA : Dukcapil Go Digital Mudahkan Masyarakat

Sebelumnya, Dukcapil Sleman telah melakukan sosialisasi terkait penerapan TTE melalui penerbitkan Surat Bupati Sleman Nomor 471/00994 hal Penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada Dokumen Kependudukan  tertanggal 24 April 2019. Surat tersebut disampaikan kepada Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sleman dan Kepala Desa Se-Kabupaten Sleman.

Selain menerbitkan surat Bupati Sleman, Jazim menuturkan bahwa upaya lain dalam mensosialisasikan penerapan TTE tersebut, Dukcapil Sleman melakukan pemantauan langsung di empat Kecamatan yaitu Kecamatan Sleman, Kecamatan Turi, Kecamatan Pakem dan Kecamatan Ngemplak.

Jazim menilai, dengan penerapan TTE pada dokumen kependudukan secara daring ini masyarakat akan mendapat pelayanan lebih cepat mengingat beberapa prosedur dalam pelayanan dokumen kependudukan menjadi terpangkas. Dia mencontohkan setelah diterapkannya TTE, pengurusan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) tidak lagi perlu sampai Dukcapil untuk mendapatkan tanda tangan. Masyarakat hanya cukup datang ke Kecamatan.

Lebih lanjut, Jazim menyebut bahwa penerapan TTE ini adalah yang pertama kali diterapkan di Kabupaten Sleman sebagai salah satu wujud pencapaian Sleman Smart Regency dan Dukcapil Go Digital

Desa Ambarketawang dan Sejarahnya

Previous article

May Day is Family Day Jadi Tema Peringatan Hari Buruh di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman