Kab Kulonprogo

Dua Bandara di DIY Akan Beroperasi Secara Bersamaan

0
Dua bandara di DIY
Kondisi bandara NYIA (Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Dua bandara di DIY akan beroperasi bersama-sama. Dua bandara Bandara International Adisutjipto di Sleman dan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo akan beroperasi secara bersamaan bertujuan agar masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menggunakan layanan penerbangan di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam peninjauan progres pembangunan YIA, Sabtu (4/5/2019) mengatakan dalam proses pengoperasian secara bersamaan tersebut, sebagian penerbangan di Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA.

“Nanti, Desember kita harapkan juga bisa demikian, sehingga masyarakat punya pilihan, untuk [Masyarakat] Jogja bagian timur seperti Klaten bisa menggunakan Adisutjipto, sementara masyarakat Jogja bagian barat seperti Wates, Magelang dan Purworejo bisa menggunakan bandara ini,” kata Menhub dikutip dari harianjogja, Sabtu (4/5/2019).

Baca Juga : Bandara Yogyakarta International Airport Terluas Ketiga

Langkah ini juga bertujuan mengurangi kepadatan jadwal penerbangan di Adisucipto saat Lebaran 2019, sekaligus memudahkan aksesbilitas para turis. “Kita harapkan Lebaran yang selama ini kita cari slot ke Jogja susah, bisa akan banyak [pindah ke YIA] dan akan membantu pergerakan [penumpang] dari Jakarta ke Jawa Tengah bagian selatan,” ujarnya.

Terkait pengoperasian perdana YIA, Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengatakan maskapai Citilink sudah pasti beroperasi di bandara tersebut pada Senin (6/5/2019). Kepastian ini muncul, karena izin slot Citilink untuk beroperasi di YIA telah disetujui Kementerian Perhubungan. Nantinya maskapai yang khas dengan warna hijau tersebut menggunakan rute Halim Perdanakusuma, Jakarta-YIA, Kulonprogo dan sebaliknya.

Selain Citilink, terdapat dua maskapai yang rencananya akan menggunakan YIA, yakni Lion Air dan Batik Air. Hanya saja keduanya masih menunggu persetujuan pengaturan slot di beberapa bandara, tapi direncanakan mulai menggunakan bandara di Kulonprogo itu pada 10 Mei mendatang.

“Nanti slot akan bertambah, karena kita berikan kebebasan kepada seluruh maskapai [beroperasi di YIA],” ucap Budi.

Budi menjelaskan untuk penerbangan internasional belum akan beroperasi dalam waktu dekat. Pasalnya masih menunggu kesiapan administrasi maskapai yang bersangkutan [Silk Air Singapura dan Air Asia Malaysia]. Proses ini memakan waktu hingga dua bulan.

“Untuk penerbangan internasional, kita tidak akan memaksa mereka [segera beroperasi di YIA], karena mereka butuh dua bulan menyiapkan dokumen,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti, memperkirakan, dalam pengoperasian perdana nanti, jumlah penerbangan di YIA berkisar lima penerbangan per jam. Jumlah ini tergolong sedikit, lantaran kapasitas terminal masih terbatas.

“Karena kapasitas terninal terbatas, mungkin masih lima penerbangan per jam,” ujarnya.

Pendapatan Ojek Online Yogyakarta Melebihi UMR

Previous article

300 mitra GrabBike Terbaik Nonton Bareng Avengers

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *