Menteri BUMN Minta Kereta Api Hubungkan Dua Bandara Yogya

0
17
bandara baru
Bandara YIA

STARJOGJA.COM. KULONPROGO – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan transportasi dari bandara YIA akan dilengkapi kereta api bandara. Menurutnya kereta api hukumnya wajib untuk menghubungkan dengan bandara Adi Sutjipto Jogjakarta.

“Kereta api kita hubungkan juga. KA menjadi keharusan juga. Mengharapkan YIA ke depan bisa menjadi yang besar,” katanya Selasa (7/5/2019).

Manager Humas PT KAI Daops VI Eko Budianto menjelaskan kereta bandara akan berangkat dari Stasiun Maguwo – Yogyakarta – Wates – Wojo dengan empat gerbong. Tarif kereta bandara dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo seharga Rp 30 ribu dengan waktu tempuh 45 menit.

“Untuk saat ini ada diskon 50 persen. Jadi penumpang kereta bandara hanya membayar Rp 15 ribu,” katanya.

BACA JUGA : Dua Bandara di DIY Akan Beroperasi Secara Bersamaan

Kereta bandara ini menurut Eko berkapasitas 196 penumpang duduk dan 98 penumpang berdiri. Fasilitas KA ini cukup komplit karena didesain khusus untuk perjalanan bandara.

“Tersedia ruang koper atau area untuk menempatkan tas berukuran besar. Jadwal kereta mengikuti jadwal penerbangan di Bandara Yogyakarta Internationa Airport. Kereta sudah sampai di Stasiun Wojo dalam waktu 1,5 jam sebelum pesawat lepas landas,” katanya.

Eko menjelaskan nantinya setelah kereta sampai di stasiun Wojo, penumpang yang akan ke Yogyakarta International Airport bisa naik bus Damri. Pihaknya masih menunggu beroperasinya Stasiun Kedundang Kulon Progo. Setelah Stasiun Kedundang siap beroperasi, maka kereta bandara dari Stasiun Wojo akan langsung masuk sampai area Bandara Yogyakarta International Airport.

“Seiring bertambahnya maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara YIA, maka rute perjalanan Stasiun Maguwo – Stasiun Wojo akan terus ditambah,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here