Kab SlemanNews

Merti Kali Kuning Bukti Kepedulian Masyarakat Untuk Kelestarian Sungai

0
merti kali kuning
FOTO : Humas Sleman

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Ratusan warga masyarakat berbagai usia, akhir pekan lalu,berkumpul di kali Kuning Dusun Brayut,Kecamatan Cangkringan, Sleman untuk mengikuti acara Merti Kali. Acara yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman ini jadi bukti kepedulian masyarakat setempat akan kelestarian sungai dan alam.

Pada acara tersebut Pemerintah Kabupaten Sleman bersama warga setempat berkomitmen untuk selalu mejaga kebersihan dan kelestarian kali Kuning. Pasalnya kali Kuning yang berada tepat di lereng gunung Merapi merupakan hulu dari sejumlah sungai yang ada di Sleman, bahkan DIY. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penebaran benih ikan dan penanaman pohon kelapa oleh Wakil Bupati Sleman.

Wakil Bupati Sri Muslimatun mengaku bangga serta mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. Hal tersebut menurutnya merupakan wujud kesadaran dan kepedulian masyarakat Dusun Brayut terhadap kelestarian kali Kuning.

“Mulai saat ini, saya mengajak semuanya saja untuk menjaga kelestarian sungai, supaya sungai ini tetap dapat memberikan manfaat bagi anak cucu kita kelak”, ucapnya.

Sementara Kepala DLH Kabupaten Sleman, Dwi Anta Sudinya, mengatakan bahwa ia menargetkan untuk mengadakan kegiatan serupa di 17 lokasi di Kabupaten Sleman. Hingga saat ini, lanjutnya, DLH Kabupaten Sleman telah mengadakan Merti Kali di lima lokasi.

Lebih lanjut dia mengatakan kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk memperbaiki kualitas air sungai yang ada di Kabupaten Sleman. DLH Kabupaten Sleman juga akan bekerjasama dengan komunitas sungai yang saat ini menurutnya telah berjumlah 25 komunitas se-Kabupaten Sleman.

“Kedepan, kita juga akan bekerjasama dengan para komunitas sungai untuk melakukan susur sungai. Agar kita tau potensi yang dapat mencemari sungai, kemudian dapat kita cegah sedini mungkin”, jelasnya.

Sejumlah Ruas Jalan di Sleman Rawan Macet di Jelang Buka

Previous article

Korban Hanyut di Sungai Progo Ditemukan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman