Kab SlemanNews

Sleman Siap Lakukan e-Voting Untuk Pilkades

0
Pilkades 2020
Ilustrasi e-voting

STARJOGJA.COM. SLEMAN –  Sleman Siap Lakukan e-Voting Untuk Pilkades. Kabupaten Sleman akan menerapkan pemilihan secara elektronik (e-voting) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 2019.

“Kami telah melakukan penandatanganan MoU dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BNPPT) terkait persiapan pelaksanaan e-voting Pilkades 2019,” kata Bupati Sleman Sri Purnomo , Rabu (08/05).

Bupati mengatakan pilkades dengan e-voting dapat mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang akurat, akuntabel, efektif dan efisien.

“Pilkades dengan e-voting bisa dilaksanakan dengan metode yang lebih simpel, terjamin dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kami sudah melakukan kajian bahwa di Sleman pelaksanaan e-voting mampu dilakukan,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Sleman sudah mengantisipasi permasalahan yang mungkin muncul saat pelaksanaan nanti.

“Pilkades melalui e-voting akan diikuti 35 desa di Kabupaten Sleman yang pelaksanaannya dilakukan serentak dalam satu hari pada November. ‘Trouble’ dalam pelaksanaan sudah kami antisipasi, semoga dengan ini pelaksanaan e-voting dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Bupati mengatakan, dengan sistem e-voting ini maka pekerjaan petugas pemilihan akan semakin ringan dan dapat selesai penghitungan kurang dari setengah hari.

“Kami sudah beberapa kali mensosialisasikan e-voting ini dan tanggapan masyarakat sangat antusias,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro menyampaikan bahwa e-voting ini sifatnya “offline” dan tidak terhubung dengan jaringan internet manapun, hanya jaringan internal saja.

“Jadi tidak ada kekhawatiran untuk diretas atau di-“hack”, karena ini tidak terhubung dengan jaringan luar,” katanya.

Ia mengatakan, pemilih hanya tinggal menyentuh layar komputer sesuai dengan pilihan dan kemudian akan muncul notifikasi validitas.

DIY Sudah Masuk Awal Musim Kemarau

Previous article

Ini Penampakan Bayi Pangeran Harry dan Meghan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman