Kota JogjaNews

KPU : Pasangan 01 Unggul di DIY

0
Iduladha 1442 Hijriah
Ilustrasi : Jas Presiden Jokowi

STARJOGJA.COM. JOGJA – Pasangan 01 Unggul di DIY. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul di lima kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU DIY.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi di Jogja Expo Center (JEC) pada Jumat (10/5) malam, pasangan Jokowi-Ma’ruf mampu meraih 1.655.174 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 742.481 suara di DIY.

“Meski rekapitulasi sudah selesai, secara resmi ada ada tahapan lagi untuk membacakan penetapan hasil perolehan di DIY,” kata Ketua, Perencanaan, Data, dan Informasi KPU DIY Wawan Budiono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Wawan, partisipasi pemilih di DIY untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 sangat baik yakni mencapai 86 persen. Persentase itu melebihi harapan KPU DIY yang sebelumnya menargetkan 82 persen partisipasi masyarakat.

“Dari informasi teman-teman di kabupaten/kota rata-rata di atas 82 persen, ada yang 86 persen, ada yang 84 persen melebihi target kami,” kata dia.

BACA JUGA : KPU DIY Gelar Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2019

Sementara itu, menurut dia, dari sisi penyelenggaraan Pemilu 2019 di DIY berjalan baik tanpa kendala kendati ada sejumlah catatan untuk perbaikan ke depan.

“Secara umum penyelenggaraan Pemilu di DIY lancar meski ada beberapa dinamika dan catatan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan ke depan,” kata Wawan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu DIY Amir Nasiruddin menilai selama rekapitulasi kinerja KPU DIY cukup bagus dan telah memberikan ruang seluas-luasnya bagi saksi atau pengawas untuk melakukan pendalaman.

“Kalau KPU DIY sudah bagus, sudah memberikan ruang seluas-luasnya bagi peserta khususnya saksi pengawas untuk mendalami. Kalau ada beda atau selisih diberi ruang waktu untuk memberikan konfirmasi dan klarifikasi,” kata Amir.

SUMBER : Antara

Awas ! Lupus Rentan Serang Wanita Usia Produktif

Previous article

Empat Metode Puasa untuk Turunkan Berat Badan dan Cegah Penuaan Dini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja