Kota Jogja

Stock Opname Perpus Kota Jogja Hingga 27 Mei 2019

0
Perpustakaan Kota Yogyakarta
pojok baca di ruang publik Jogja

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Perpustakaan Kota Yogyakarta menerapkan “stock opname” mulai 6 – 27 Mei 2019. Stock opname ini bertujuan untuk mengecek kondisi puluhan ribu koleksi buku di Perus Kota Yogyakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan Stock opname ini berimbas pada sejumlah layanan terpaksa ditiadakan.

“Kami memohon maaf kepada para pemustaka. Untuk saat ini, perpustakaan meniadakan beberapa layanan, termasuk peminjaman buku. Kami hanya bisa melayani pengembalian buku atau baca di tempat saja,” katanya kepada Antara Selasa (14/5/2019).

Baca Juga : Perpustakaan Kota Jogja Buka Sampai Dini hari

Wahyu mengatakan program ini dilakukan di dua perpustakaan milik Pemerintah Kota Yogyakarta, yaitu di perpustakaan utama yang berada di Kotabaru serta Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) di Jalan Mayjend Sutoyo. Memanfaatkan momentum bulan puasa yang mengalami penurunan jumlah pengunjung menjadi alasan dilakukan program ini.

“Untuk saat ini, jumlah pengunjung mengalami penurunan hingga 60 persen. Biasanya, pemustaka datang untuk mengembalikan buku atau mengakses wifi. Layanan wifi tetap kami berikan,” katanya.

Wahyu mengatakan, jika pemustaka menghilangkan buku yang dipinjam, maka mereka wajib mengganti dengan buku yang sama.

“Sudah ada mekanismenya seperti itu, sehingga tingkat kehilangan buku cukup kecil,” katanya.

Setiap tahun, Perpustakaan Kota Yogyakarta menambah 2.000 eksemplar koleksi buku, bahkan menganggarkan dana untuk pengadaan buku setiap bulan agar koleksi yang dimiliki selalu baru dan tidak tertinggal.

“Pemustaka juga bisa mengusulkan judul buku yang diinginkan. Kami akan penuhi permintaan mereka dalam waktu sekitar 14 hari. Biasanya memang buku fiksi. Jika tidak ada kebijakan seperti ini, nanti perpustakaan bisa ditinggalkan,” katanya.

Selain tidak melayani peminjaman buku, layanan yang juga ditiadakan selama bulan puasa adalah layanan perpustakaan keliling. Seluruh kegiatan di perpustakaan Kota Yogyakarta akan kembali aktif pada 10 Juni pukul 09.00 WIB.

“Usai Lebaran dan cuti bersama, dua perpustakaan di Kota Yogyakarta akan kembali aktif mulai 10 Juni. Semua layanan bisa kembali diakses selama 20 jam sehari,” katanya

Make America Great Again

Previous article

Mei ini Lion Air Group Buka Rute ke YIA Kulon Progo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja