Flash Info

Ibu Kota Baru Indonesia Dibagi Empat

0
tiga tahap rencana pembangunan
Ibu Kota baru Indonesia dibagi 4 zona (antara)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pemerintah telah menyiapkan rancangan empat zonasi pembangunan Ibu Kota baru Indonesia. Menteri Pembangunan dan Perencanaan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, Zona pertama, adalah wilayah inti sebagai pusat pemerintahan dengan luas 2.000 hektare.

“Di sana akan dibangun mulai dari istana, DPR, MK, MA, BPK, kantor kementerian, nonkementerian, TNI dan Polri dan ada taman budaya serta botanical garden,” kata Bambang dikutip dari Bisnis Kamis (16/5/2019).

Zona kedua adalah wilayah Ibu Kota Negara (IKN) yang diperkirakan bakal menggunakan lahan seluas hingga 40.000 hektare. Menurut Bambang, dalam zonasi ini pemerintah bakal berencana membangun perumahan PNS, fasilitas pendidikan dan kesehatan serta universitas.

Baca juga: Ibu Kota pindah di Palangkaraya masih isu

Selain itu, dalam zona ini, pemerintah bakal membangun science and techno park, high-tech dan clean industry, research and development, MICE atau Convention Center hingga museum. Bambang berujar, pembangunan museum penting seperti salah satu ibu kota negara sama seperti yang dilakukan di negara maju yang mempunyai museum.

“Di Ibu Kota negara maju di dekat pusat pemerintahan selalu ada museum. Nantinya, museum menjadi pelajaran yang memberi sumbangan peradaban dan merepresentasikan ibu kota negara,” kata Bambang.

Zona ketiga, pemerintah menyiapkan lokasi perluasan IKN seluas 200.000 hektare. Di lokasi ini, pemerintah bakal membangun taman nasional, konservasi orang utan atau kebun binatang, klaster perumahan non-PNS hingga bandara atau pelabuhan.

“Bandara dan pelabuhan dibangun kalau dibutuhkan, kami berharap kalau bisa Ibu Kota baru jangan jauh dari kota yang sudah fungsional dan memiliki bandara dan dekat pelabuhan,” kata Bambang.

Adapun yang terakhir, zona keempat adalah zona perluasan IKN 2, seluas 200.000 hektare. Zona ini merupakan kawasan metropolitan dan wilayah pengembangan yang terkait dengan provinsi lainnya.

Seperti diberitakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mewacanakan adanya pemindahan ibu kota ke luar Jawa. Rencana pemindahan ibu kota ini bakal menelan biaya sekitar Rp323 – Rp466 triliun.

Dua lokasi yang kini menjadi kandidat kuat calon Ibu Kota baru Indonesia adalah di sekitar Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Kemudian, dengan pemindahan ibu kota ini diperkirakan akan membawa sebanyak 1,5 juta penduduk yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

PT LIB Pantau Kerusuhan PSS Sleman vs Arema FC

Previous article

UGM Sebut Tak Perlu Panik Monkeypox

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info