News

PLN Berdayakan UMKM DIY

0
PLN Berdayakan UMKM DIY
FOTO : Humas PLN

STARJOGJA.COM. JOGJA – Dalam rangka pemberdayaan kinerja Pelaku UMKM, Dinas Koperasi dan UKM DIY menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Witel Yogyakarta dan PT PLN ( Persero) UP3 Yogyakarta. Program ini diwujudkan lewat “ Sosialisasi Akses Pembiayaan UMKM program BUMN”. Acara mempertemukan lembaga keuangan non-bank (Telkom dan PLN) dengan 30 orang pelaku UKM.

Sri Nurkiyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY menyampaikan bahwa pembiayaan UMKM yang diperoleh dari dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN harus dievaluasi. Evaluasi itu mencakup seberapa jauh program dan pemanfaatannya karena pada saat diaudit tidak hanya sekadar penyerapan yang tercapai.

” Lewat kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM memanfaatkan sebaik-baiknya momen ini sehingga dapat mengetahui bagaimana meningkatan kapasitas sumber pembiayaan untuk mengatasi permasalahan permodalan,” katanya.

BACA JUGA : Aplikasi Cari Aku, Cara Sleman Promosi UMKM Unggulan

PLN sebagai salah satu narasumber menyampaikan bahwa latar belakang program kemitraan yang diatur dalam UU no 19 tahun 2003 tentang BUMN adalah turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi menengah, koperasi, dan masyarakat. BUMN menyisihkan sebagian laba bersihnya untuk keperluan pembinaan usaha kecil dan koperasi serta pembinaan masyarakat sekitar BUMN.

Menurut Djoko Purnomo Asman CSR dan PKBL PLN UID Jateng dan DIY , besarnya dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) adalah 4% dari laba perusahaan setelah pajak dan ditetapkan oleh menteri atau RUPS. Dilarang memberikan pinjaman kepada calon mitra binaan yang menjadi mitra binaan BUMN yang lain.

” Untuk mendapatkan akses Kemitraan PLN, calon Mitra Binaan harus membuat proposal sampai dengan Surat Perjanjian Kerja / Kontrak,” jelasnya.

RKB (Rumah Kreatif BUMN) merupakan rumah bersama yang berperan sebagai pusat data dan informasi selain sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM. Di dalamnya terdapat sinergi BUMN karena dalam satu triwulan minimal 1 kali ada pembinaan yang dilaksanakan dengan BUMN lain.

Perguruan Tinggi Harus Akomodasi Mahasiswa Yang Kurang Mampu

Previous article

Jokowi Tokoh Terpopuler di Twitter Pada Pemilu 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News