FeatureNews

Ribuan Barang Terlarang Dimusnahkan PT AP I

0
Bandara Adisutjipto Yogyakarta
Penumpang di Adisucipto Selama 2018 Capai 8,4 Juta Orang

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Ribuan barang terlarang berhasil disita petugas Aviation Security (Avsec) dari para penumpang di Bandara International Adisutjipto Yogyakarta. Pihak bandara akhirnya memusnahkan 2.779 prohibited items (barang terlarang) tersebut pada Senin (20/5/2019).

Pemusnahan ribuan barang terlarang ini sesuai dengan aturan yang menyangkut prohibited items (barang terlarang) di bandara.

“UU tahun 2009 ini menyangkut penumpang dan semua wajib melakukan pemeriksaan. Ada juga peraturan menteri terkait dengan barang yang dilarang. Apa saja, alat peledak seperti amunisi, detonator dan sebagainya, senjata lalu danger artikel seperti komponen senjata api atau perangkat untuk membuat pingsan lalu ada alat kerja linggis, mata bor las listrik dapat melukai penumpang lainnya atau kru ,” ujar General Manager (GM) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama kepada Starjogja 101,3 FM Rabu (22/5/2019).

Baca juga : 6 Sopir Taksi Online Jadi Korban Pemukulan di Bandara Adisutjipto

Pandu mengatakan dari semua barang terlarang yang dihancurkan paling banyak adalah Power Bank. Disusul lainnya benda seperti gunting, pisau dapur, obeng, korek gas dan liquid di jumlah tertentu.

“Paling banyak power bank ada, bukan disita tapi dititipkan ke kita tapi tidak diambil dalam waktu sebulan itu bisa diambil,” katanya.

Pandu mengatakan sebenarnya pihak bandara sudah memberikan sosialisasi yang mengatur benda terlarang ini. Namun masih saja banyak penumpang yang nekat membawa dengan alsan tidak tahu aturan tersebut.

“Mereka alasannya belum tahu, power bank ini kan banyak. Mereka tidak tahu diatas 32 ribu Mah itu kena,” katanya.

RS Siloam Yogyakarta Berbagi Kasih Melalui CSR

Previous article

Titik Reklame Semrawut di Jogja Ada Dua

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature