PMI DIY Siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama

0
7
PMI DIY

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta atau PMI DIY siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans, melibatkan 854 personel termasuk dokter dan paramedis serta 23 ambulans.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) DIY Warjiyani menjelaskan, PMI DIY siapkan 29 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama & Ambulans saat libur lebaran 2019 ini.

“Kami siagakan personel yang memiliki pengetahuan serta keterampilan pertolongan pertama. Mereka akan bertugas 24 jam sehari dalam 2-3 shift perhari mulai H-7 dan H+7 di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan keluar wilayah DIY, terminal dan seluruh markas PMI,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Senin (3/6/2019).

Baca Juga : PMI DIY Gelar simulasi “Penanganan Kegawatdaruratan Korban Banyak”

yani mengatakan untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan PMI, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti pantai Gunungkidul dan Kulon Progo, tempat wisata di wilayah Sleman dan Bantul.

Pemudik dapat SMS
Nomor penting di DIY (Kominfo DIY)

Pemudik yang memerlukan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat membuka dan mengunduh Aplikasi Pertolongan Pertama (first aid) di Play Store. Sedangkan untuk mengetahui stok darah PMI di DIY bisa diakses melalui ayodonor.pmi.or.id atau akun twitter @pmi_diy.

Selama libur lebaran PMI tetap melayani pelayanan darah 24 jam sedangkan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00-20.00 WIB di 5 (lima) Unit Donor Darah PMI wilayah DIY.

Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, PMI DIY juga membentuk posko-posko bersama di beberapa titik strategis di DIY. Adapun beberapa Posko PMI yang bisa diakses oleh masyarakat di PMI Kota Yogyakarta ada 6 titik yakni Posko Markas PMI Kota Yogyakarta, Terminal Giwangan, Titik Nol Kilometer, Pos Perempatan Ringroad Ketandan yang dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7, sementara Pos Gembiraloka mulai 6-9 Juni 2019 dan penjagaan pertolongan pertama saat Garebeg Sawal Kraton Yogyakarta tanggal 6 Juni 2019.

PMI Kabupaten Bantul membuka posko di dua titik yakni Posko Markas PMI Kabupaten Bantul dan Pos Perempatan Ringroad Madukismo. Personel PMI Kabupaten Bantul juga akan mobile ke jalur cino mati dan tempat-tempat keramaian di wilayah Bantul.

Sedangkan PMI Kabupaten Sleman ada 13 titik pos yakni Posko Markas PMI Kabupaten Sleman, Pos Monumen Jogja Kembali, Pos Pakem, Pos Tempel dan pos mandiri di beberapa kecamatan yaitu Depok I, Depok II, Ngemplak, Godean, Turi, Cangkringan, Kalasan, Berbah, Prambanan, dan Terminal Jombor.

Sementara itu untuk wilayah Kulon Progo, PMI menempatkan tiga ttik pos yakni Posko PMI Kabupaten Kulon Progo, Terminal Wates dan Jembatan Timbang Kulwaru. Posko Markas PMI beroperasi 24 jam sedangkan Pos Jembatan Timbang Kulwaru Wates mulai pukul 08.00-18.00 WIB dan Terminal Wates personel akan bersiaga pada pukul 20.00-08.00 WIB.

PMI Kabupaten Gunungkidul juga telah menyiagakan personelnya di tiga titik yakni Pos Markas PMI Kabupaten Gunungkidul, Pos Paliyan, dan Pos Gading. Selain itu personel juga akan mobile ke pantai Baron dan Pok Tunggal mulai 6-9 Juni dan 4 Juni serta 15 Juni 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here