Rekomendasi Kuliner Sleman Ayam Goreng hingga Bakso

0
34
rekomendasi kuliner Sleman
Soto pak Slamet di Mejing Kidul, Sleman (Foto : Bayu)

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul – Ayam Goreng Kalasan yang ada sejak tahun 1952 jadi satu menu rekomendasi kuliner Sleman. Ayam goreng Kalasan dengan trademark Ayam Goreng Mbok Berek sangat dikenal masyarakat. Bahkan presiden pertama RI, Soekarno pernah mencicipi ayam goreng Kalasan ini.

Mbok Berek mendirikan rumah makan kecil, di Padukuhan Candisari Bendan Desa Tirtomartani Kecamatan Kalasan, tepatnya di pinggir jalan Jogja-Solo. Dari hari kehari, Rumah Makan Mbok Berek kian ramai.

Soto

Kuliner lainnya adalah Soto menjadi menu yang mudah ditemui di sudut Yogyakarta. Rekomendasi kuliner Sleman menu soto ada di Soto Pak Slamet di Mejing Kidul Ambarketawang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Soto Pak Slamet Jadi Incaran Pemburu Kuliner

Rasa gurih dan enak soto Pak Slamet ini tidak lepas dari soto Kadipiro yang melegenda itu. Sugeng Raharjo, generasi kedua Soto Pak Slamet menceritakan bahwa ayahnya pernah bekerja di soto Kadipiro.

Kuah yang bening, irisan ayam, perkedel, irisan kol dan tauge berpadu menjadi soto yang layak diburu.

Bakso

Warung Bakso, Mie ayam & Soto Barokah yang terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman ini memiliki menu bakso unik yaitu Bakso Merapi. Mengapa disebut Bakso Merapi, apakah karena terinspirasi oleh Gunung Merapi?

Nama Bakso Merapi karena bakso ini berbentuk kerucut seperti gunung Merapi. Saat dibelah, anda akan melihat isinya berupa cacahan urat sapi yang dicampur dengan irisan cabai rawit.

Kini warung yang baru saja dibuka setelah lebaran 2018 tersebut ramai pengunjung. Setiap harinya menghabiskan sekitar 15 kilogram daging sapi untuk bakso. Bakso merapi ini mampu menjual sekitar 300 mangkuk bakso per hari nya dan 400 mangkuk saat akhir pekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here