Rekomendasi Wisata Gunung Kidul Ada Disini

0
11
Rekomendasi wisata Gunung Kidul
Salah satu pesona alam Geoforest Watu Payung (foto : Widya Pradipta)

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul – Rekomendasi wisata Gunung Kidul yang wajib dikunjungi pertama adalah Goa Pindul yang masih menjadi destinasi utama di Gunung Kidul.

Rekomendasi wisata Gunung Kidul lainnya yang juga berbasis alam ada River Tubing Watu Tumpeng Ketua kelompok pengelola River Tubing Watu Tumpeng, Agus Dwi Cahyono menungkapkan wisata tersebut mulai dirintis sejak pertengahan 2017 lalu.

Sensasi yang dapat dinikmati pengunjung yakni berupa merasakan river tubing dengan arus yang memiliki beragam variasi. Adapun jarak tempuhnya sejauh 800 meter. Selain itu, sejauh 300 meter merupakan kombinasi arus untuk body rafting menantang. Di ujung lintasan, wisatawan masih mendapat bonus berupa air terjun Watulayah Sawangan.

“Kami mematok harga Rp45.000 per orang dan sudah mendapatkan fasilitas pelampung ban dan pemandu,” kata Agus.

Baca Juga : Geoforest Watu Payung, Pesona Alam Gunungkidul

Watu Payung

Rekomendasi wisata Gunung Kidul juga menawarkan wisata alam Watu Payung lebih dikenal dengan Geoforest Watu Payung.

Letaknya di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Dinamakan Watu Payung karena berasal dari cerita legenda tahun 1.800-an berupa batu besar yang menyerupai payung. Filosofinya Watu Payung sebagai penyemangat saling memayungi, bekerjasama untuk membangun kehidupan lebih baik dan sejahtera.

Menurut petugas loket, dulu kawasan Watu Payung adalah hutan yang ditanami pohon jati. Kemudian dialihfungsikan menjadi kawasan konservasi. Tahun 2010 mulai dibangun menjadi wanawisata hingga sekarang. Dan juga terdapat beberapa spot foto dengan menampilkan karya seniman Wisnu Ajitama.

Tersedia juga joglo untuk pertemuan, gazebo, parkiran yang luas, musholla, warung makan serta toilet. Harga tiket masuk per orang Rp.3.000 sedangkan tarif parkir motor Rp.2.000 untuk mobil Rp.5.000.

Wisata Gunung Gentong

Rekomendasi wisata Gunung Kidul ada Gunung Gentong sendiri tepatnya berlokasi di Dusun Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Untuk menuju kawasan wisata ini memang perlu perjuangan karena jalanan yang cukup menanjak.

Namun perjuangan tersebut dapat terbayar jika telah sampai puncak Gunung Gentong atau yang terkenal dengan sebutan 4G atau Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Dari atas 4G wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang membentang di Gunungkidul.

Pemandangan tersebut akan terasa lebih indah jika wisatawan dapat datang waktu matahari terbit atau tenggelam. Jika beruntung berangkat di pagi hari, wisatawan juga dapat melihat kabut, seakan wisatawan sedang di atas awan.

Konon tempat ini menarik untuk dikunjungi karena selain menyimpan keindahan alam juga menyimpan sebuah kisah sejarah yaitu peninggalan Prabu Brawijaya.

Wisata Bunga

Rekomendasi wisata Gunung Kidul ada wisata bunga di  Kebun celosia yang menjadi salah satu destinasi wisata alternatif di Gunungkidul, khususnya bagi Anda yang penggila swafoto. Lokasi taman bunga celosia dapat dituju dengan akses menuju obyek Pantai Sepanjang. Nah, taman itu terletak di sebelah selatan jalan dan nampak jelas ketika terlihat dari jalanan.

Taman Bunga Amarilis di kebun milik Sukadi di Desa Salam, Kecamatan Patuk. Jika mekar lokasi ini jadi destinasi wisata Gunung Kidul yang sempat menarik perhatian dan viral di media sosial.

Lokasinya tidak jauh dari jalan raya menuju kota Wonosari. Jika dari Kota Jogja lokasinya di sisi kanan jalan di daerah Patuk ini.

Wisata Pantai

Rekomendasi wisata Gunung Kidul di pantai ada di pantai Ngeden di Desa Kanigoro, Saptosari merupakan salah satu destinasi wisata di Gunungkidul. Lokasi ini masih tersembunyi dan alami, airnya jernih dan vegetasi di sekitar pantai tumbuh subur.

Asal usul pantai juga cukup aneh. Sebelum dikenal dengan sebutan Ngeden, pantai ini oleh warga sekitar disebut Ngedan yang berarti menggila.

Menurut Sukardi, salah seorang penduduk setempat, di kawasan pantai ini terdapat dua lokasi yang dijadikan tujuan pengunjung. Untuk yang tidak suka bermain air, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas tebing. Saat berkunjung, wisatawan tidak perlu khawatir karena di puncak tebing sudah diberikan pengamanan sehingga kondisinya tidak berbahaya.

Di lokasi inilah merupakan tempat paling pas untuk melihat matahari tenggelam. Untuk pencapai ke puncak, juga sudah dibuatkan jalur sepanjang 400 meter sehingga memudahkan untuk mencapai titik yang diinginkan.

“Kalau cuacanya cerah maka fenomena matahari tenggelam akan terlihat dengan jelas. Lokasi ini juga menjadi titik menyenangkan bagi warga yang hobi mancing,” ujarnya.

Jarak pantai ini dengan Kota Wonosari sekitar 28 kilometer, atau membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di sana.

Pantai Nglolang

Pantai ini ada di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini lokasinya tersembunyi membuat namanya tidak dikenal luas.

Berada di pantai ini serasa berada di sebuah surga tropis yang tersembunyi dengan hamparan pasir yang dihimpit batuan karang yang indah. Jika kondisi laut sedang surut, maka pengunjung bisa bersnorkeling untuk melihat biota laut di pantai tersebut. Lokasi pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Sepanjang.

Salah seorang pelaku wisata di Pantai Nglolang, Heru Purnomo mengatakan kawasan wisata ini dibuka belum lama. Oleh karenanya, Nglolang belum banyak dikenal pengunjung, maka tak heran jika suasana pantai masih sepi dan tenang.

“Kalau pantai lain sudah ramai, sedang di Nglolang sepi. Kondisi ini malah menjadi keunggulan karena menawarkan ketenganan bagi pengunjung yang ingin menikmati alam pantai tanpa diusik oleh keramaian,” kata Heru Jumat (19/1/2018).

Menurut dia, dengan kondisi yang sepi maka wisatawan akan lebih nyaman dengan sensasi kawasan pantai seperti milik sendiri. Sementara itu, lanjut Heru, untuk keindahan alam tidak kalah dengan pantai lain karena di Nglolang terdapat hamparan pasir putih yang diapit dua karang.

Pantai Buron

Pantai Buron berhasil menyedot ribuan pengunjung meski baru wisatawan dapat menikmati deburan ombak dan batu karang dari atas ketinggian. Di tempat ini juga dibangun sejumlah rest area dan lapak kuliner. Bosan menikmati pemandangan ombak dan batu karang, wisatawan dapat bergeser ke sebelah timur pantai yang berjarak tidak sampai 50 meter menuju Pantai Gesing.

Pantai ini sejatinya lebih difungsikan sebagai pantai nelayan tempat keluar masuk dan bersandarnya kapal penangkap ikan. Namun hamparan pasir yang landai, putih dan bersih berpadu dengan tebing-tebing megah dipinggirnya membuat pantai ini kerap diburu wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here